Kronologi Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana di Subang, Trans Putera Fajar Tiba-Tiba Oleng

Kronologi Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana di Subang, Trans Putera Fajar Tiba-Tiba Oleng

Kecelakaan bus rombongan SMK Lingga Kencana Depok, Sabtu 11 Mei 2024-Foto: Facebook -

SUBANG, RADARPENA.CO.ID-Kepala Bagian Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Aznal membeberkan kronologis kecelakaan bus rombongan SMK Lingga Kencana di kawasan Ciater, SUBANG, Jawa Barat pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Ia menjelaskan saat itu bus Trans Putera Fajar yang membawa rombongan pelajar dengan nomor polisi AD 7524 OG dalam perjalanan dari Bandung menuju Subang. 

"Ketika melintasi jalan menurun, tiba-tiba bus oleng ke kanan menyeberangi jalur berlawanan dan menabrak kendaraan minibus jenis Feroza nopol D 1455 VCD," kata Aznal kepada wartawan, Minggu, 12 Mei 2024.

BACA JUGA:Guru SMK Lingga Kencana Depok Tewas, Istrinya Terluka Berat, Keluarga Korban Datang ke Sekolah


Sebelum kecelakaan, Pelajar SMK Lingga Kencana yang melakukan perjalanan wisata ke Ciater berfoto bersama.- Foto: Instagram
Kata Aznal, setelah menabrak kendaraan di jalur berlawanan, bus terguling dengan ban kiri di atas dan menyebabkan sepeda motor yang berada di jalur berlawanan dan bahu jalan sehingga bus terguling.

"Kecelakaan tersebut diduga karena adanya rem blong pada bus," ungkapnya.

Aznal menjelaskan jumlah korban belum bisa dipastikan lantaran masih proses evakuasi.

"Korban dilarikan ke beberapa fasilitas kesehatan di antaranya RSUD Ciereng, RS Hamori, Puskesmas Jalancagak, dan Puskesmas Palasari," ujarnya.


Kecelakaan bus rombongan SMK Lingga Kencana Depok, Sabtu 11 Mei 2024-Foto: Facebook -

Senada dengan penjelasan Aznal, salah satu guru pendamping yang selamat bernama Adawiah menceritakan bahwa, saat bus semakin oleng-oleng, para pelajar bertakbir ketakutan.

"Karena gelap posisinya, semakin oleng (bus), anak-anak di dalam sudah Allahuakbar..Allahuakbar.. (Teriak takbir,red),  tiba-tiba jatuh gak begitu lama dan itu udah oleng," kata Adawiah, dikutip dalam wawancara Antara TV Indonesia, Minggu 12 Mei 2024.

Izin Operasional Bus Kadaluwarsa

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut bus yang membawa rombongan SMK Lingga Kencana kecelakaan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu, 11 Mei 2024 tidak memiliki izin angkutan.

"Adapun pada aplikasi Mitra Darat, bus tersebut tercatat tidak memiliki izin angkutan,” kata kata Kepala Bagian Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Aznal dalam keterangannya, Minggu, 12 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: