Liga 1 Siap Gunakan VAR Mulai Musim Depan, Begini Kata Ferry Paulus

Liga 1 Siap Gunakan VAR Mulai Musim Depan, Begini Kata Ferry Paulus

Liga 1 Siap Gunakan Pakai VAR Mulai Musim Depan, Begini Kata Ferry Paulus -Foto: Screenshot Instagram/@pt_lib-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jelang menyambut BRI Liga 1 musim 2024/2025, PT LIB kini tengah mempersiapkan untuk memakai teknologi Vidio Assisten Referee (VAR) di semua stadion.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Ferry Paulus mengungkapkan kepada awak media bahwa dirinya ingin semua tim sudah siap untuk menggunakan teknologi VAR ini di semua stadion.

“Lebih berat (persiapan musim depan) karena musim depan semua stadion harus dengan VAR. Kalau sekarang bagian dari ujicoba di empat tim (di championship series). Musim depan semua tim jadi harus siap,” ujar Ferry Paulus di Senayan, Jakarta 8 Mei 2024.

“Kemudian batasan persiapan menuju Liga 1 musim depan kaitannya dengan ketahanan finansial klub, itu kami sampaikan setelah championship series. Banyak hal yang belum bisa kami sampaikan, tapi liga sudah kasih terobosan agar sama-sama meningkat agar secara penyelenggaraan lebih bagus,” ujar Ferry. “Yang pasti wajah liga indonesia ke depan pasti akan lebih bagus lagi,” tambahnya.

Teknologi VAR tersebut akan digunakan saat pertandingan Championship Series pada 14 Mei 2024 dan 15 Mei 2024 mendatang.

BACA JUGA:

Pertandingan Championship Series 2024 ini akan mempertemukan Bali United vs Persib Bandung yang dihelat labgsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Sementara pada hari kedua akan ada debut antara Borneo FC yang akan duel lawan Madura United di Stadion Bangkalan.

Sebelumnya teknologi VAR ini akan digunakan di dalam ruangan karena sedang digunakan untuk Piala Asia Wanita U17, namun rencana tersebut diubah.

Untuk saat ini penggunaan dari Mobile VAR sendiri akan diterapkan di seluruh empat lokasi pertandingan Championship Series yaitu di Stadion Batakan, Staduon Si Jalak Harupat, Stadion Bangkalan dan Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali.

"Per hari ini perlengkapan VAR mulai berangkat. Sebenarnya di Bali United awalnya [VAR] akan ditempatkan di training ground, tapi karena dipakai untuk AFC U-17 Women, makanya VAR ambil jalan pintas menggunakan van," kata Ferry Paulus saat di Jakarta.

"Jadi van disiapkan di Batakan, Bandung, dan Bangkalan. Lalu Bali juga pakai van," ia menambahkan.

Yuk kita ulik lebih dalam mengenai tentang VAR di sepak bola.

Vidio Assistent Referee (VAR) ini merupakan teknologi yang membantu wasit dalam membuat keputusan selama pertandingan sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: