Keamanan Digital Indonesia Terendah Dibanding Negara ASEAN

Keamanan Digital Indonesia Terendah Dibanding Negara ASEAN

Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda mengatakan, Indonesia adalah negara dengan kemanaan digital terendah.-Foto: Ayu Novita/Disway Grup -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda mengatakan, Indonesia adalah negara dengan kemanaan digital terendah.

"Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan, Indonesia memiliki tingkat keamanan digital yang rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN,” jelasnya.

Padahal kata Huda, Indonesia sendiri memiliki potensi besar dalam bidang ekonomi digital, namun masih belum bisa menyamai langkah beberapa negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia.

BACA JUGA:Brigade Al Qassam Tak Gentar dengan Rencana Operasi Militer Israel di Rafah

"Belum banyak pengguna internet kita yang menggunakan untuk e-commerce. Padahal, Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang ekonomi digital, tetapi masih tertinggal dibandingkan dengan beberapa negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia," ujarnya.

Di era teknologi seperti saat ini, keamanan digital menjadi aspek yang sangat penting.

Hal ini bertujuannya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat yang menggunakan teknologi digital.

"Saat ini masyarakat kita telah beralih dari layanan offline ke online khususnya dalam ekonomi digital. Bahkan contact center saja jarang digunakan karena sudah dibantu dengan proses-proses secara online yang melibatkan kecerdasan buatan,” ujarnya dalam pada dialog Forum Merdeka Barat 9, Senin, 6 Mei 2024.

BACA JUGA:BPS Catat Harga Bawang Merah dan Putih Masih Naik di Awal Mei 2024

Huda menjelaskan, penggunaan teknologi kecerdasan buatan ini wajib diawasi dengan baik, karena Indonesia menjadi negara dengan indikator keamanan digital yang sangat rendah.

"Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan, Indonesia memiliki tingkat keamanan digital yang rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan keamanan digital adalah pemerataan pembangunan infrastruktur teknologi.

Selain itu, perlu diadakan peningkatan sumber daya manusia, terutama untuk di wilayah pedesaan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama di kawasan tersebut.

"Sosialisasi soal literasi digital penting banget. Kita bisa kembangkan sosialisasi mulai dari sekolah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: