Jalur KA Ditambah, Stasiun Tanah Abang Akan Dikembangkan Bangunan 2 Lantai

Jalur KA Ditambah, Stasiun Tanah Abang Akan Dikembangkan Bangunan 2 Lantai

Stasiun Tanah Abang akan dibangun bangunan 2 lantai-Foto: Dok/KAI-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID-Stasiun Kereta Api Tanah Abang akan dikembangkan.

Nantinya, stasiun Tanah Abang akan dibangun dengan luas bangunan utama 12.000 meter persegi, dengan bangunan 2 lantai yang dilengkapi bangunan komersil dan fasilitas pendukung seperti disabilitas.

Kemudian, adanya pengembangan stasiun Tanah Abang ini bisa meningkatkan kapasitas penumpang sebanyak tiga kali lipat dari 100 ribu menjadi 300 ribu penumpang per hari.

BACA JUGA:Pelat Khusus ZZ Tidak Kebal Ganjil-Genap Jakarta, Kecuali Iring-iringan Pengawalan

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal menyampaikan, pelaksanaan fisik konstruksi pengembangan stasiun Tanah Abang telah berjalan dan ditargetkan selesai akhir tahun 2024.

"Kami bersama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI berupaya untuk menaikkan tingkat pelayanan kepada penumpang di Stasiun Tanah Abang, baik dari sisi kemudahan, kenyamanan maupun aksesibilitas," ujarnya dikutip pada Senin, 6 Mei 2024.

Peningkatan dan pengembangan proyek ini dilakukan untuk pembangunan stasiun baru, penambahan jalur kereta api dari 4 menjadi 6  jalur, penambahan peron dari 2 menjadi 4, dan adanya penataan fasilitas antarmoda.

"Diharapkan, dengan penambahan dua jalur baru akan ada peningkatan waktu perjalanan khususnya pada lintas serpong yang semula mencapai 7 menit menjadi 3 menit,” jelas Risal.

BACA JUGA:Intip Profil Feby Senda, Selebgram Asal NTT yang Ramai Soal 3 Lawan 1

Pembagian ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak yaitu Kemenhub membangun gedung stasiun baru dan jalan kereta api, fasilitas operasi KA seperti rel dan persinyalan, serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur KA.

Lalu, Pemerintah Provinsi DKI membangun pelebaran jalan dan fasilitas integrasi antar moda.

Sedangkan PT KAI membangun area parkir serta penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan halaman stasiun, serta fasilitas intermoda dan kanopi. 

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Peovinsi DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia saat ini tengah mengembangkan stasiun Tanah Abang guna meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: