Jangan Panik Dulu! Ini 7 Cara Padamkan Kebakaran Ringan di Dapur Rumah

Jangan Panik Dulu! Ini 7 Cara Padamkan Kebakaran Ringan di Dapur Rumah

Ilustrasi kebakaran kecil yang terjadi di dapur rumah--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dapur adalah salah satu bagian rumah, biasanya ada menyatu di dalam rumah atau terpisah dari ruangan rumah.

Dapur menjadi bagian yang paling besar resikonya untuk mengalami kebakaran, pasalnya disitu terdapat beberapa yang bisa menjadi pemicunya.

Sayangnya tak banyak orang mempunyai pengetahuan dan kesiapan untuk mencegah timbulnya kebakaran yang tak terkendali.

Saat dapur mengalami kebakaran tentu reaksi awal adalah panik. Namun justru kepanikan bisa membuat kondisi semakin lebih membesar hingga bisa melukai penghuni rumah.

BACA JUGA:Jenis -Jenis Tanaman yang Dilarang Dalam Islam Untuk Ditanam di Depan Rumah

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Ini Manfaat Cuci Pakaian dengan Campuran Garam, Coba Sekarang di Rumah!

Berikut ini cara padamkan kebakaran kecil di dapur rumah yang bisa Anda lakukan:

1. Matikan Kompor

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mematikan kompor atau memutuskan sambungannya dari sumber gas (tabung gas) karena sumber gas dari tabung bisa jadi bahaya yang lebih besar jika panasnya mengenai tabung gas dan sampai terbakar.

2. Jangan Siram Air Ke Wajan

Entah reflek spontan atau mindset ketika kebakaran hanya bisa dipadamkan oleh air. Namun dengan kasus ini yang terjadi justru sebaliknya.

Jangan mencoba mematikan api dengan menyiramkan air ke dalam wajan. Air akan menyebarkan minyak dan memperluas kebakaran. Hal ini berbahaya karena akan timbul api yang besar yang menyembur ke atas karena ada suplai oksigen dari air yang menguap.

Minyak yang terbakar ini temperaturnya bisa mencapai 1.000 derajat Celsius. Kontak antara dingin dan panas yang tinggi akan menimbulkan letupan dan loncatan api.

3. Gunakan Lap Basah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: