Buruan Cek! Inilah Daftar 6 Bansos Pemerintah yang Bakal Cair di April 2024

Buruan Cek! Inilah Daftar 6 Bansos Pemerintah yang Bakal Cair di April 2024

Ilustrasi 6 bantuan sosial pemerintah yang direncanakan cair pada April 2024--Dok.Radarpena.co.id

Besaran PIP bervariasi sesuai dengan tingkat pendidikan, yaitu mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1,8 juta.

Penyaluran PIP melalui rekening Simpanan Pelajar (SimPel) milik masing-masing siswa penerima PIP.

Di antaranya rekening yang terdaftar di Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

5. BLT Mitigasi Risiko Pangan (BLT MRP)

Jadwal BLT MRP direncanakan cair pada April hingga Juni 2024. Bantuan ini diberikan selama tiga bulan dengan besaran Rp 200 ribu per bulan.

Namun, BLT MRP akan disalurkan langsung sekali waktu, sehingga masyarakat akan menerima BLT MRP sebesar Rp 600 ribu yang akan disalurkan melalui kantor pos.

Nantinya, masyarakat yang terdaftar sebagai penerima akan mendapatkan surat pemberitahuan untuk pengambilan BLT Mitigasi.

6. Program Keluarga Harapan (PKH)

Pencairan BLT Program Keluarga Harapan (PKH) pada April 2024 memasuki pencairan tahap 2. Adapun jadwal pencairan PKH tahap 2 berlangsung mulai April hingga Juni 2024.

BLT PKH disalurkan dalam bentuk uang tunai dengan nominal yang berbeda-beda, tergantung kategori atau kriteria penerima.

Misalnya warga lansia akan mendapatkan PKH tahap 2 sebesar Rp 600 ribu per tiga bulan. Atau keluarga dengan anak yang bersekolah di SMA/sederajat akan menerima PKH tahap 2 sebesar Rp 500 ribu.

Penyaluran PKH tahap 2 dilakukan melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

Bisa juga melalui pengurus/pendamping PKH di mana penerima akan dihubungi pengurus untuk pencairan PKH tahap 2.

Di beberapa provinsi, misalnya Jawa Tengah dan DIY, bansos PKH tahap 2 sudah cair dan diterima langsung oleh masyarakat.

Cara pengecekan penerima BPNT 2024:

  • Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id menggunakan browser di perangkat Anda.
  • Isi dengan benar data alamat lengkap dan nama penerima manfaat sesuai dengan informasi yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda.
  • Selesaikan verifikasi dengan mengisi kode captcha yang ditampilkan untuk memastikan keaslian pengguna.
  • Setelah itu, klik opsi “Cari Data” dan tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai status penerimaan bantuan muncul di layar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: