Apa Saja Sih Definisi Wisata dan Manfaatnya?

Apa Saja Sih Definisi Wisata dan Manfaatnya?

Definisi dan Manfaat Wisata--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Wisata, merupakan perjalanan untuk menyenangkan hati, pikiran, dan tentunya dapat menghibur diri serta menyegarkan otak. Sementara menurut KBBI sendiri, pengertian Wisata adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya. Selain itu juga di artikan sebagai bertamasya atau piknik.

Seorang yang melakukan aktivitas ini (pariwisata), disebut sebagai wisatawan atau turis. Jadi, bukan hanya Bule (warga negara lain) yang disebut sebagai turis. Namun itu berlaku kepada semua orang yang sedang berwisata.

Berikut Pengertian Wisata dan Manfaat Berwisata :   

Pengertian Wisata 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wisata artinya sebuah aktivitas bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya). Dari pengertian tersebut, dapat disederhanakan, jika wisata merujuk pada kegiatan melakukan perjalanan ke tujuan tertentu dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan ataupun bersenang-senang.

Sementara, menurut World Tourism Organization (WTO), wisata berarti melakukan sebuah perjalanan dan tinggal sementara waktu di suatu tempat yang bukan tempat tinggalnya. Meski tidak diberi penjelasan tentang tujuan perjalanan tersebut, pengertian wisata menurut WTO lebih memiliki makna untuk bersenang-senang.

Secara garis besar, bisa disimpulkan bahwa wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang di luar tempat tinggalnya dalam sementara waktu. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, bersenang-senang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Taman Nasional Gunung Palung, Pesona Alam Tersembunyi di Kalimantan Barat

Manfaat Berwisata

1. Menambah wawasan

Salah satu manfaat utama berwisata adalah peningkatan wawasan. Saat bepergian kamu akan mengunjungi wilayah baru yang sebelumnya mungkin belum pernah diketahui atau telusuri.

Hal ini memberi kamu kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman kamu. Pengalaman adalah guru terbaik, dan berwisata memungkinkan kamu untuk merasakannya langsung. 

2. Mengurangi tingkat stress

Apabila sedang mengalami hal yang membuat jenuh berarti harus meluangkan waktu sejenak untuk berlibur, mau dimana pun tempat berlibur tempat wisata alam terbuka, ketika sedang berlibur di alam terbuka dapat menurunkan tingkat kestresan dan memberikan kenyamanan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: