Sebelum Meninggal Komika Babe Cabita Idap Anemia Aplastik

Sebelum Meninggal Komika Babe Cabita Idap Anemia Aplastik

Babe Cabita meninggal dunia pada Selasa, 4 April 2024.-Foto: Instagram.com/@infipop.id-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji'un, komedian babe cabita meninggal dunia.

Kabar duka ini disampaikan akun Twitter centang biru @okirengga33 pada Selasa pagi 9 April 2024:

"Innalillahi wa Inna Ilaihi rajiun, telah meninggal anak, adik, suami, ayah kami :

Priya Prayogra Pratama Bin Irsyad Tanjung (Babe Cabita). Hari ini 9 April 2024 pukul 06.38 WIB di RS Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan

Mohon dimaafkan segala khilaf dan salah. Allahumagfirlahu warhamhu wa'afihi Wa'fuanhu,"

Babe Cabita sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama dua minggu karena mengidap penyakit anemia aplastik pada 2023 lalu. Kabar tersebut pertama kali muncul saat Babe mengunggah foto dirinya yang tengah dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:

Mulanya, ia didiagnosis terserang demam berdarah dengue (DBD). Namun, hasil pemeriksaan darah membuat dokter curiga karena kondisi yang juga tak kunjung membaik.

Pada pemeriksaan sumsum tulang belakang menemukan bahwa Babe mengidap penyakit langka berupa anemia aplastik. Diketahui, Anemia aplastik terbilang sebagai salah satu kondisi yang langka. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, kondisi ini terjadi saat sumsum tulang belakang berhenti memproduksi sel darah baru. Kondisi ini membuat pengidapnya mudah lelah dan lebih rentan terhadap infeksi serta pendarahan yang tak terkontrol.

Penyebab anemia aplastik yang paling umum adalah gangguan imun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel induk di sumsum tulang belakang.

"Di situ [pemeriksaan sumsum tulang belakang] diketahui penyakitnya bukan DBD, tapi anemia aplastik, penyakit cukup langka-lah," ujar Babe saat ditemui di kawasan Transmedia, Jakarta, Senin, 4 September 2023 lalu.

Babe Cabita lahir dengan nama asli Priya Prayogha Pratama. Ia lahir pada tanggal 5 Juni 1989. Babe Cabita dikenal sebagai seorang pelawak tunggal atau komedian dan aktor berkebangsaan Indonesia.

Ia dikenal sebagai juara Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV pada musim ketiga di tahun 2013. Babe menjuarai kompetisi tersebut setelah berhasil mengalahkan Fico Fachriza di grand final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: