Presiden Jokowi Bagikan 1000 Paket Sembako untuk Warga yang Melintas di Sekitar Istana

Presiden Jokowi Bagikan 1000 Paket Sembako untuk Warga yang Melintas di Sekitar Istana

Pembagian 1.000 paket sembako Presiden Jokowi.-Foto: Instagram.com/@m.bahrunnajach-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Sekretariat Presiden (Setpres) membagikan sekitar 1.000 bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang melintas di depan Istana Merdeka Jakarta, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada Senin, 8 April 2024 sore hari.

Sebanyak 1.000 kantong paket bantuan sembako dibagikan kepada pengendara ojek online (ojol) hingga warga yang melintas di Jl. Medan Merdeka Utara. Pantauan di lapangan, sejumlah staf dan pasukan pengawal presiden menyiapkan kantong bantuan sejak pukul 15.30 WIB, di sekitar pintu masuk Istana Merdeka. 

Bahkan, terlihat puluhan ojol telah mengantre hingga kantor Mahkamah Agung yang berjarak sekitar dua kilometer dari istana.

Tampak antusiasme ribuan masyarakat pun ikut mengantre untuk mendapatkan bantuan sembako dalam rangka menyambut Idulfitri 1445 H. Paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, minyak sayur, biskuit, serta teh celup.

BACA JUGA:

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan dana bantuan sosial (Bansos) Presiden berupa 1.000 kantong berisi sembako yang dibagikan di depan Istana Merdeka Jakarta bersumber dari dana operasional presiden.

"Jadi yang pertama sore hari ini tanggal 8 April Bapak Presiden melalui Kepala Biro Protokol Mas Yusuf meminta kepada jajaran Setpres untuk memberikan sembako sejumlah kurang lebih 1000 peaces, 1000 kantong," ujar Heru Budi kepada wartawan di depan Istana Merdeka Jakarta, pada Senin, 8 April 2024.

Heru mengatakan paket sembako itu dibagikan untuk warga yang melintas di depan Istana Merdeka. Menurutnya, pembagian sembako itu menunjukkan perhatian Jokowi kepada warga yang masih tinggal di Jakarta sebelum melakukan mudik lebaran.

Setelah mendapat kantong sembako, warga harus mencelupkan jari kelingking kirinya ke tinta. Menandakan mereka sudah mengambil bantuan dari Istana. Bahkan, Jokowi sendiri pun semoat turut menyaksikan sebentar pembagian sembako. 

Masyarakat yang telah mendapatkan sembako menyampaikan rasa terima kasih langsung kepada Jokowi. "Terima kasih, Pak Jokowi," ujar sejumlah warga. Jokowi pun merespons mereka dengan memberikan jempol.

Heru Budi mengatakan, pembagian sembako tersebut adalah rutinitas yang dilakukan Presiden setiap menjelang Lebaran. Ia menampik pembagian sembako ini bermuatan politis.

BACA JUGA:

“Enggak dong, kan biasanya setiap tahun jelang Idulfitri, Pak Presiden pasti bagi-bagi sembako. Enggak ada hubungan politis sama sekali,” tegasnya.

Terkait keberlanjutan rutinitas pembagian sembako jelang Lebaran di pemerintahan presiden berikutnya, Heru Budi mengatakan hal tersebut kembali pada kebijakan presiden terkait. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: