7 Rahasia Ampuh Atasi Ketombe yang Mengganggu

7 Rahasia Ampuh Atasi Ketombe yang Mengganggu

7 Rahasia Ampuh Mengatasi Ketombe yang Mengganggu--Foto: unsplash.com

5. Konsumsi Probiotik

Selain itu, mengonsumsi probiotik juga telah terbukti bermanfaat dalam mengatasi ketombe. Nutrisi yang terkandung dalam probiotik tidak hanya memelihara kesehatan sistem pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi jamur penyebab ketombe.

BACA JUGA:

Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsilah makanan seperti yoghurt, tempe, kimchi, dan kombucha secara teratur.

Meskipun terbukti efektif, penting untuk dicatat bahwa penggunaan probiotik dalam mengatasi ketombe masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memperkuat keefektifannya.

6. Makan Makanan yang Bergizi

Pentingnya asupan makanan sehat yang kaya akan nutrisi telah terbukti dalam mengurangi keparahan ketombe. Zink dan vitamin B, misalnya, merupakan nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan kulit kepala dan mengurangi ketombe.

Selain itu, asupan omega-3 juga memiliki peran penting dalam meningkatkan nutrisi kulit kepala dan mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi ketombe.

BACA JUGA:

7. Masker Air Lemon

Selain melalui konsumsi makanan yang kaya nutrisi, penggunaan masker air lemon juga telah dikenal efektif dalam mengatasi ketombe. Lemon mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi yang dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Informasi ini didukung oleh penelitian yang terdokumentasikan dalam jurnal "Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know?" dalam Indian Journal of Dermatology. 

Kandungan asam sitrat dalam lemon bertindak sebagai pengatur pH alami bagi kulit kepala. Dengan mengaplikasikan air perasan lemon langsung ke kulit kepala selama 10-15 menit sebelum dibilas bersih, Anda dapat mengalami manfaat yang signifikan.

Prosedur ini tidak hanya membantu mengatasi ketombe, tetapi juga dapat mencegah reaksi peradangan pada kulit kepala.

Dengan beragam metode alami yang telah dijabarkan sebelumnya, penanganan ketombe kini dapat dilakukan secara efektif tanpa ketergantungan pada produk kimia yang mungkin memiliki efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: