Contraflow dan Ganjil Genap Masih Berlaku di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Contraflow dan Ganjil Genap Masih Berlaku di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Rekayasa lalulintas di ruas tol Jakarta-Cikampek masih berlaku saat momen mudik Lebaran 2024-Foto: Iustrasi/Dok/Instagram-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID-Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, hingga saat ini rekayasa lalulintas Ganjil Genap dan contra flow masih diberlakukan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB).

Pemberlakuan ganjil genap di kilometer nol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414.

"Untuk arus mudik, ganjil genap mulai akan diterapkan pada tanggal 5 April 2024 pada pukul 14.00 WIB sampai dengan 7 April 2024 pukul 24.00 WIB," kata  Aan Suhanan.

BACA JUGA:H-5 Lebaran, Penumpang Angkutan Umum Mulai Alami Peningkatan

Sementara itu, Korlantas Polri juga memberlakukan contra flow di ruas tol Jakarta-Cikampek di KM36 hingga KM70 sebanyak satu lajur.

Disebutkan, khusus untuk lajur 3 dan 4 dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk ke contraflow.

Selain itu, contra flow di ruas tol Jakarta-Cikampek juga diberlakukan di KM47 hingga KM79 sebanyak 2 lajur. Disebutkan, khusus untuk lajur 3 dari arah Jakarta yang masuk ke contraflow.

BACA JUGA:Jasa Marga Lakukan Contraflow di Tol Japek

Kendaraan yang masuk jalur contraflow di tol Jakarta-Cikampek diperuntukkan untuk kendaraan yang menuju Tol Cipali menuju arah timur pulau Jawa.

Seperti, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan lajur 1 dan 2 untuk kendaraan yang menuju Kalihurip dan Tol Cipularang.

Korlantas menyebutkan pelaksanaan contraflow bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian. Untuk itu, bagi para pengendara diimbau selalu berhati-hati. dan mematuhi arahan petugas di lapangan,

Terkait rest area Kakorlantas berharap para pemudik untuk saling memahami dan bertoleransi saat menggunakannya.sehingga pemudik bisa bergantian saat beristirahat.

"Saya harapkan toleransi dari para pemudik ya untuk saling memahami, sehingga penggunaan rest area ini bisa bergantian, tidak memaksakan untuk masuk ke rest area. Silakan keluar di exit tol terdekat di situ banyak ke restoran setelah istirahat bisa masuk lagi," ujarnya. 

Kakorlantas  menyebut  Sabtu 6 April 2024 malam menjadi puncak arus mudik lebaran di tol Trans Jawa. Dengan jumlah kendaraan diperkirakan mencapai 178.000 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: