Berikut Solusi Untuk Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan, Dijamin Berhasil!

Berikut Solusi Untuk Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan, Dijamin Berhasil!

Ilustrasi layar ponsel yang tidak bisa disentuh dan dimatikan.-Foto: Unsplash.com/Oliur-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketika layar ponsel tidak dapat disentuh dan dimatikan, tentu akan sangat mengganggu pengguna. Mungkin kendalanya selain baterai bocor dan aplikasi yang tidak beroperasi sebagaimana mestinya, layar ponsel tidak bisa disentuh juga pasti sangat mengganggu. 

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, kamu perlu memahami penyebab timbulnya masalah terlebih dahulu. Penyebab layar ponsel tidak bisa disentuh yang pertama adalah RAM gawai sudah terlampau penuh. 

Tidak hanya menghambat performa aplikasi tertentu, kapasitas RAM yang sudah membludak juga bisa membuat layar hang. Apabila layar tidak dapat berfungsi dengan baik karena timbunan memori yang menghambat operasional ponsel secara keseluruhan, otomatis sentuhan tangan pengguna tidak akan direspons dengan baik.

Mungkin beberapa langkah ini mungkin bisa kamu coba untuk memperbaiki sendiri sebelum membawa ke pusat perbaikan ponsel. Simak solusinya dibawah ini!

BACA JUGA:

Force Restart

Saat HP tidak responsif seperti perangkat tidak bisa disentuh dan tidak dapat dimatikan, pengguna bisa melakukan force restart atau restart paksa. Cara restart paksa ini bisa berbeda-beda di tiap HP. Misalnya, di kebanyakan HP Android Samsung, cara force restart dapat dilakukan dengan tekan dan tahan tombol power dan tombol volume turun secara bersamaan selama tujuh detik sampai HP memuat ulang. Kemudian, di iPhone, salah satu cara force restart dapat dilakukan dengan tekan tombol volume naik, lalu tekan tombol volume turun. Kemudian, tekan dan tahan terus tombol power hingga muncul logo Apple. Setelah iPhone mati, tekan tombol power lagi hingga nyala lagi. Tindakan force restart ini bisa membantu menyegarkan kembali sistem HP yang mengalami gangguan, yang mungkin bisa menyebabkan masalah pada responsivitas sentuhan layar.

 

Mengontrol HP Menggunakan Suara atau Gerakan

Saat ini, HP android dilengkapi fitur untuk mengontrolnya lewat suara dan gerakan sehingga tidak perlu mengandalkan panel sentuh. Fitur ini dapat diaktifkan melalui setting atau pengaturan. Pada setting, pilih opsi accessibility, lalu voice access lalu nyalakan fitur use voice access.

 

Matikan Opsi Pengembang

Opsi pengembang adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengakses pengaturan tambahan pada HP Android. Terkadang, pengaturan yang salah dalam opsi pengembang dapat menyebabkan masalah layar sentuh. Untuk mengatasi hal ini, matikan opsi pengembang pada perangkat. Caranya dengan masuk ke Pengaturan, cari opsi Pengembang, dan matikan opsi pengembang secara keseluruhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: