Jangan Sepelekan, Ini 8 Tanda Tubuh Mengalami Overdosis Gula

 Jangan Sepelekan, Ini 8 Tanda Tubuh Mengalami Overdosis Gula

Tanda tubuh kelebihan gula-Foto: Unsplash.com/AlexanderGrey-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gula memang menjadi bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari, sebab Gula dapat memberikan energi instan. Namun mengonsumsi Gula secara berlebihan juga tidak baik dan memiliki dampak negatif yang serius pada kesehatan.

Menurut penelitian dari Nature Communications, mengonsumsi makanan tinggi gula bisa menghambat berfungsinya sistem kekebalan tubuh diikuti dengan tubuh yang tidak sehat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Overdosis gula dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai. Kondisi itu bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kardiovaskular.

Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengenali tanda-tanda yang muncul di tubuh akibat kelebihan gula. Lantas, apa saja sih tanda-tanda tubuh kelebihan gula, berikut paparannya.

BACA JUGA:

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah dianggap normal jika 120/80 atau lebih rendah. Tak hanya garam, gula juga bisa meningkatkan tekanan darah. Menurut jurnal BMJ Open Heart, membatasi asupan gula lebih penting daripada mengurangi suntikan natrium dalam hal tekanan darah yang sehat.

Tingkat Energi Rendah

Peningkatan kadar gula dalam makanan dapat menurunkan tingkat energi karena sebagian besar makanan kaya gula kekurangan nutrisi.

Sering Haus dan Buang Air Kecil

Sering merasa haus dan buang air kecil adalah salah satu tanda umum tubuh mengandung terlalu banyak gula. Melansir dari Everyday Health, terlalu sering buang air kecil menandakan bahwa ginjal sudah "bekerja terlalu keras" untuk membuang kelebihan glukosa.

Penglihatan Buram dan Sering Sakit Kepala

Menurut NIDDK, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan lensa di mata akibat cairan bocor. Pembengkakan lensa tersebut diklaim dapat mengubah bentuk lensa sehingga penglihatan buram dan sulit fokus. Selain itu, penderita kadar gula darah tinggi juga akan sering mengalami sakit kepala.

Mudah Lapar, tapi Berat Badan Menurun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: