Penting, Ini 7 Manfaat Daun Pegagan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Penting, Ini 7 Manfaat Daun Pegagan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan.-Foto: Instagram.com/@heliantihilman-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Daun peaggan atau yang dikenal dengan nama lain Centella Asiatica ini bukan hanya menjadi bahan populer dalam produk skincare, tetapi juga memiliki sejarah panjang sebagai obat herbal tradisonal di berbagai negara Asia. 

Sebagai tanaman herbal, daun pegagan kaya akan beragam senyawa kimia yang memberikan manfaat unik.

Dalam anlisis kimiawi, daun pegagan diketahui mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin, serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan besi.

Glikosida triterpenoida yang bernama asiaticoside bahkan diyakini memiliki kemampuan penyembuhan luka yang luar biasa.

Lantas, apa saja sih manfaat yang ada pada daun pegagan yang baik untuk kesehatan? Simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

BACA JUGA:

Mengurangi Kecemasan, Stres, dan Depresi

Daun pegagan dapat menjadi sekutu aman dalam mengatasi gangguan kejiwaan dengan mengontrol aktivitas neurotransmiter, seperti gamma-aminobutyric acid (GABA). Kandungan asam asiatatnya dapat merangsang penyerapan GABA oleh otak, menjadikannya alternatif herbal yang aman untuk mengatasi kecemasan dan depresi.

 

Membantu Meringankan Insomnia

Kemampuannya dalam mengatasi kecemasan, stres, dan depresi juga membuat daun pegagan menjadi pilihan untuk mengobati insomnia.

 

Membantu Mengurangi Stretch Mark

Kandungan terpenoid dalam daun pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, membantu mengurangi munculnya stretch mark dan selulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: