6 Tempat Wisata Religi Islam di Jawa Barat

6 Tempat Wisata Religi Islam di Jawa Barat

--

Berlokasi di Jl. ABC No.8, Braga, Sumurbandung, Kota Bandung, Masjid Al-Imtizaj adalah bukti hidup bahwa keberagaman budaya dan agama dapat berkumpul dalam harmoni yang indah. Dengan pesona arsitekturalnya yang memukau, masjid ini bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga saksi keindahan harmoni kultural di tengah keramaian kota Bandung.

5. Makam Prabu Kian Santang, Godog, Garut

Berikutnya makam Prabu Kian Santang atau Makam Godog yang merupakan tempat peristirahatan terakhir putra Prabu Siliwangi yaitu Prabu Kian Santang. Nama lain dari Prabu Kian Santang adalah Sunan Rohmat. Di dalam kompleks pemakaman ini terdapat sembilan makam yang terdiri dari makam utama Prabu Kian Santang dan milik pengikut setianya.

BACA JUGA:9 Tempat Ngabuburit Anti Galau di Bandar Lampung

6.  Goa Safarwadi Pamijahan, Tasikmalaya

Goa Pamijahan Safarwadi terletak di Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Goa Safarwadi Pamijahan menjadi terkenal karena dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat dakwah oleh Syekh Haji Abdul Muhyi. 

Goa yang berada di desa Pamijahan ini digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat menyebarkan ajaran Islam pada masa awal penyebarannya. Kemungkinan pada saat dakwahnya, Syekh Haji Abdul Muhyi  masih berada di bawah kekuasaan kerajaan Hindu Galuh di Garut dan kerajaan Hindu Panjalu di Ciamis, dan pamijahan ini terletak di perbatasan dua kerajaan Hindu.

Nah, dari Goa di Pamijahan inilah Syekh Haji Abdul Muhyi berdakwah kepada murid-muridnya yang berasal dari Galuh, Panjalu dan tempat lainnya. Di sini juga dimakamkan Syekh Haji Abdul Muhyi, keluarga dan beberapa muridnya.

Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: