Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Siapkan 4 Pelabuhan Jawa-Sumatera

Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Siapkan 4 Pelabuhan Jawa-Sumatera

Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik Lebaran 2024 diimbau beli tiket penyebrangan H-1 karena tak ada penjualan-pembelian manual di lokasi-Foto: Instagram/Kemenhub151-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Kementerian Perhubungan telah menyiapkan empat pelabuhan penyeberangan antara Pulau Jawa dan Sumatra pada mudik Lebaran 2024

Keempat pelabuhan ini disiapkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik saat libur Lebaran tahun ini. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, keempat pelabuhan itu adalah Pelabuhan Ciwandan, Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara. Selain itu, ada Pelabuhan Indah Kiat dan Pelabuhan Merak. 

BACA JUGA:Update Harga Pangan Sembako Hari Ini 25 Maret, Cabai dan Daging Sapi Murni Turun

"Jumlah pemudik pada Lebaran 2024 diprediksi meningkat 50 persen dibanding tahun 2023 menjadi 193,6 juta pergerakan. Kita perlu mengantisipasi ini dengan berbagai persiapan yang matang," kata Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Senin 25 Maret 2024.

Untuk itu, pemerintah telah mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik di lintas Merak-Bakauheni. Salah satunya dengan menambah pelabuhan yang beroperasi di masa angkutan Lebaran 2024. 

BACA JUGA:Segera Cek! 4 Dana Bansos yang Cair di Bulan Ramadan 2024

“Tahun lalu hanya Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan BBJ Bojonegara. Kini, angkutan Mudik Lebaran 2024 bertambah satu pelabuhan yakni Indah Kiat,” ujar Menhub. 

Lebih lanjut, Budi Karya menjelaskan bahwa Pelabuhan Ciwandan akan fokus melayani lintas Ciwandan-Bakauheni.

Ia juga meminta kepada PT ASDP Indonesia Ferry dan PT Pelabuhan Indonesia agar kapal-kapal besar kecepatan tinggi didahulukan. 

"Seyogyanya kapal-kapal besar dengan kecepatan lebih tinggi itu didahulukan. Sehingga, angkutan yang dilakukan akan lebih banyak dan lebih cepat," kata Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: