Semakin Mudah dan Simple, Ini 3 Aplikasi Piano Terbaik dari Teori hingga Praktik

Semakin Mudah dan Simple, Ini 3 Aplikasi Piano Terbaik dari Teori hingga Praktik

Aplikasi Piano Terbaik dari Teori Sampai Praktek--Foto : tangkapan layar YouTube

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Bermain piano itu asik banget, ya. Bisa mainin lagu-lagu favorit pake alat musik keren itu impian banyak orang. Selain bisa nunjukin gaya main sendiri, kita juga bisa lebih meresapi musik yang kita mainin.

Tapi, nggak semua orang bisa main piano, kan? Ada yang mahal, ada yang nggak punya waktu banyak buat kursus. Tapi sekarang udah beda, di era teknologi gini, kamu bisa bernapas lega. Soalnya, sekarang banyak aplikasi yang bikin belajar piano jadi makin gampang, langsung dari rumah aja.

1. Perfect Ear

Nih, sebelum kamu mulai main, sebaiknya kamu belajar teorinya dulu. Ada aplikasi namanya Perfect Ear, cocok banget buat belajar teori yang nyambung sama piano. Di sana, kamu bisa latihan tempo, kunci-kunci dasar, sampe sight reading atau baca not balok.

BACA JUGA:

Jangan khawatir soal materinya, Perfect Ear bakal ajarin dari yang paling dasar sampe yang paling advanced. Nah, dari namanya juga udah keliatan kan, Perfect Ear juga ngajarin pendengaran kamu buat ngertiin tangga nada. Jadi, ntar kamu bisa kenalan sama nada atau kunci lagu tanpa harus baca sheet music.

Di aplikasi ini juga bisa latihan nyocokin nada pake suara vokalmu, namanya match pitch. Yang keren, aplikasi ini nggak makan banyak space di memori kamu, cuma butuh kurang dari 10Mb aja. Mantap kan!

2. Synthesia

Sekarang, setelah kamu ngeh teori, waktunya buat praktik. Ada aplikasi keren nih, namanya Synthesia. Di sini, fitur utamanya adalah latihan teknik main piano. Formatnya seru banget, kayak main game, namanya falling note playing. Jadi, dua tangan kita harus ikutin balok yang jatuh dari atas papan tuts.

BACA JUGA:

Bikin belajar piano jadi asik banget deh kayak gini. Di sini juga ada contoh lagu dari level beginner sampe yang hard. Lagu-lagu tambahan juga bisa dimasukin asal punya file lagu dalam format midi.

Pake aplikasi ini bisa dengan atau tanpa nyambungin alat musik kita. Synthesia bisa dipake di PC atau smartphone, jadi bisa disesuaikan sama perangkat yang kamu punya. Kalo akses dari PC yang nyambung sama piano digital, kamu bisa belajar langsung dengan mainin piano.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: