Wow! Curug Jagapati, Air Terjun 4 Tingkat yang Keren Abis

Wow! Curug Jagapati, Air Terjun 4 Tingkat yang Keren Abis

--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Garut punya curug Jagapati yang menawarkan kesejukan buat libura.  Kamu harus coba sensasi petualangan ketika mengunjungi air terjun ini!

Curug Jagapati terletak di kampung Padarame, desa Neglasari, kecamatan Cisompet, kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari pusat kota Garut, curug ini jaraknya cukup jauh. Namun jauhnya perjalanan sebanding dengan keindahan yang akan traveler lihat.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Senna yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Mengobati Jerawat

Cerita Mitos Curug Jagapati 

Menurut mitos nama air terjun yang satu ini memiliki air yang sangat unik, yakni "Jagapati" yang terdiri dua kata, yaitu jaga artinya menjaga dan pati yang berarti nyawa. Konon katanya dikisahkan pada zaman dahulu Abah Butak memiliki seorang putri cantik yang bernama Illang Kencana, dia selalu memakai pakaian berwarna merah. Amanat orang tuanya yang diberikan ke Putri Illang Kencana untuk menjaga tumpukan harta yang disimpan di Curug Jagapati.

Ada cerita mitos atau larangan untuk tidak memakai pakaian berwarna merah bagi setiap pengunjung demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, ada juga cerita mitos yang menyebutkan bahwa jangan mengunjungi Curug Jagapati di hari Selasa dan Jumat. Sebab, pada hari tersebut Putri Illang Kencana selalu memakai pakaian warna merahnya. Namun, hal tersebut belum dapat dibiktikan secara nyata, hanya saja nggak ada salahnya kita menghargai dan menghormati aturan yang diberlakukan disini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Jagapati

1. Curug yang Masih Alami

Bagi kamu yang hobi berpetualang ke alam bebas, curug ini bisa menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Tempatnya bagus dan masih alami dengan pemandangan segar bahkan saat masih di perjalanan. Perkebunan teh, persawahan, hingga hutan dengan banyak pepohonan rindang akan kamu jumpai saat berpetualang ke tempat ini.

2. Pemandangan Aliran Air Terjun yang Indah

Pesona utama yang dimiliki Curug Jagapati adalah aliran air terjunnya yang begitu memukau. Alirannya membentuk beberapa tingkat air terjun yang dibatasi dengan kolam-kolam kecil. Selain itu, alirannya sedikit miring sehingga terlihat seperti air terjun zig-zag, pertama ke kanan, di bawahnya mengalir menyamping kiri, dan selanjutnya ke kanan lagi.

3. Jalur Trekking Menantang

Perjalanan menantang melewati jalur trekking yang berupa jalan bebatuan menjadi daya tarik tersendiri dari Curug Jagapati. Pengunjung memang harus berjalan kaki dari tempat parkir dengan jaraknya lumayan jauh dan memakan waktu sekitar 20 menit. Jalur trekking ke arah curug akan melalui pematang sawah milik warga sekitar, kemudian perkebunan, dan hutan.

4. Aliran Sungai yang Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: