5 Rekomenasi Tempat Wisata Menarik di IKN, Ada Goa Tapak Raja yang Sajikan 10 Jenis Pohon Beringin

5 Rekomenasi Tempat Wisata Menarik di IKN, Ada Goa Tapak Raja yang Sajikan 10 Jenis Pohon Beringin

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sejak mulai dibangun pada 2022, Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur telah banyak menarik perhatian berbagai pihak.

IKN yang diproyeksikan menjadi sebuah Future Smart Forest City of Indonesia ini mengusung konsep “kota dunia untuk semua” yang tetap mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan. 

Dan di balik fenomena pembangunan IKN, faktanya wilayah ini menyimpan segudang surga pariwisata yang sangat potensial untuk menjadi favorit wisatawan.

Selama ini, promosi destinasi pariwisata di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, seolah masih sebagian besar tentang destinasi pariwisata lainnya seperti Raja Ampat di Papua Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bali.

Mengandalkan potensi alamnya, Kalimantan Timur memiliki begitu banyak destinasi wisata bahari atau marine tourism. 

BACA JUGA:PELNI Siapkan 13.012 Tiket dan 19 Kapal Laut untuk Mudik Gratis dengan Berbagai Tujuan Jelang Lebaran 2024

Berikut beberapa tempat wisata menarik di IKN diantaranya sebagai berikut:

1. Kawasan Mangrove Mentawir 

Kawasan mangrove Mentawir memiliki luas total sekitar 2.300 hektare, dan sekitar 300 hektare dari total luas tersebut dimanfaatkan sebagai ekowisata mangrove. Di sini, pengunjung dapat menikmati produk-produk mangrove seperti kopi mangrove, jus mangrove, dan pupur atau bedak yang diproduksi oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

2. Goa Tapak Raja

Objek ini adalah Goa Tapak Raja yang berlokasi di Desa Wonosari, Sepaku, Penajam Paser Utara. Memiliki jarak sekitar 30 kilometer dari Titik Nol Nusantara ini dapat ditempuh melalui jalur darat.

Menyajikan jalur dengan jembatan sepanjang 200 meter, gua yang ditemukan oleh pendatang pada 1983 itu menyajikan pemandangan yang teduh, dengan dikelilingi pepohonan serta 10 jenis pohon beringin.

Menilik ke dalam lokasi gua yang agak gelap, suara kepakan kelelawar seakan menyambut kedatangan pengunjung. Di dalamnya terdapat dua lorong besar yang dapat dilintasi, salah satu di antara lorong yang menuju sebuah stalaktit apik berbentuk telapak kaki raja yang menjadikan gua ini dinamai Goa Tapak Raja.

BACA JUGA:Segera Meluncur! Honda BeAT 150 2024 Tampil Lebih Sporty dengan Fitur Modern, Yuk Cek Harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: