Keseruan Cinta Laura Kunjungi Wisata di Wamena

Keseruan Cinta Laura Kunjungi Wisata di Wamena

--

WAMENA, RADARPENA.CO.ID-Papua Pegunungan adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan ibu kota Wamena yang berkedudukan di Kabupaten Jayawijaya, tepatnya di perbatasan Distrik Walesi dan Wouma.

Papua Pegunungan dimekarkan dari provinsi Papua bersama dua provinsi lainnya yakni Papua Selatan dan Papua Tengah pada 30 Juni 2022 berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022. Sebelumnya nama usulan provinsi ini bernama.

"Provinsi Papua Pegunungan Tengah". Papua Pegunungan adalah provinsi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang tidak memiliki garis pantai (terkurung daratan).

Provinsi Papua Pegunungan berlokasi di Pegunungan Jayawijaya bagian timur. Pegunungan ini merupakan jajaran pegunungan tertinggi di Indonesia dengan puncak seperti Puncak Mandala dan Puncak Trikora.

Provinsi ini termasuk dalam wilayah adat La Pago dengan berbagai macam suku yang tinggal di lembah yang diapit gunung-gunung tinggi, mereka menanam ubi dan beternak babi. Salah satu lembahnya adalah Lembah Baliem yang terkenal dengan festival tradisionalnya. 

BACA JUGA:Lautaro Martinez Gagal Cetak Gol Penalti Meleset ke Langit, Simone Inzaghi: Kecewa Tapi Bangga!

Pemprov Papua Pegunungan mendatangkan Cinta Laura, seorang artis serba bisa untuk mengunjungi dan mempromosikan wisata dan  budaya di Papua Pegunungan. Kedatangan Cinta Laura disambut warga setempat dengan tarian adat Papua Pegunungan. 

Untuk kali pertama, Cinta Laura datang ke Wamena, pada Sabtu 8 Maret 2024. Kehadiran Cinta Laura bertemakan “Cinta di Wamena”. 

Kunjungan artis tersebut merupakan bagian dari kampanye pariwisata yang bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam dan keunikan budaya serta keunggulan potensi lokal di Wamena ibu kota Provinsi Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Bakal Adakan Lomba Teknologi Tepat Guna Sediakan Total Hadiah Uang Ratusan Juta Rupiah

Tiga sektor pariwisata unggulan Papua Pegunungan yang dikunjungi oleh Cinta Laura yaitu spot destinasi wisata yang pertama, Mumi berusia lebih dari 300 tahun di Kampung Jiwika Distrik Kurulu, mumi tersebut bernama Wim Motok yang artinya perang terus, dahulu merupakan panglima perang tertinggi dan sampai saat ini masih dihormati masyarakat Kurulu.

Spot wisata kedua yang dikunjungi oleh Cinta Laura adalah Pasir Putih, terletak di wilayah Distrik Pisugi Kampung Aikima. Kemudian wisata yang ketiga adalah Hutan Pinus Isakkusa, yang terletak di tengah-tengah antara gunung susu dan batalion serta mungunjungi TK.YPPK Bina Kasih di Yiwika. Menurut Cinta keunikan tempat wisata di Papua Pegunungan sangat menarik. 

Pada kunjungan itu, artis Cinta Laura berinteraksi bersama masyarakat suku Dani dan menyaksikan atraksi-atraksi budaya mulai dari tari-tarian, perang-perangan, budaya bakar batu, Noken Street Fashion Show yang dibawakan oleh putri dan putra wisata Papua Pegunungan, serta menikmati cinta rasa kopi khas Papua Pegunungan.

Cinta yakin seiring berjalannya waktu tempat wisata di kawasan Papua Pegunungan akan semakin populer dan banyak pengunjung. Ia berpesan pada generasi muda setempat, meski dunia semakin medern tetapi jangan lupakan budaya lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: