Tak Pengaruh Kenaikan Harga, Antusias Berbelanja Masyarakat di Pasar Parung Bogor Masih Tinggi saat Ramadan

Tak Pengaruh Kenaikan Harga, Antusias Berbelanja Masyarakat di Pasar Parung Bogor Masih Tinggi saat Ramadan

Suasana di pasar tradisional Parung, Bogor menjelang Ramadan-Istimewa/Bianca Chairunisa-DISWAY Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dikutip dari data panel harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Senin 11 Maret 2024 harga beras premium meningkat 1,09% menjadi Rp16.630 per kg, sedangkan beras medium naik 0,77% menjadi Rp14.430 per kg.

Hal ini menyebabkan harga beras hari ini masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain harga beras yang masih di atas HET, kenaikan juga terjadi pada harga kebutuhan pokok yang lain, yakni bumbu dapur, ayam potong dan daging sapi.

Berdasarkan pengamatan disway grup di pasar tradisional Parung, Bogor  11 Maret 2024, tampak antusiasme tinggi masyarakat untuk berbelanja persiapan Ramadhan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah di tanggal 12 maret 2024.

BACA JUGA:Pasutri di Tangerang Ditangkap Usai Curi Uang Puluhan Juta di Alfamart, Polisi: 16 Minimarket Sudah Dibobol!

Tampak kerumunan yang di dominasi ibu-ibu berbelanja keperluan persiapan puasa pertama,dari yang berbelanja kebutuhan dapur sampai dengan yang berbelanja ayam potong dan daging sapi.

Sementara itu untuk harga-harga kebutuhan pokok tampak variatif ada yang naik akan tetapi ada juga yang malah turun.

Untuk bawang merah turun dari harga minggu lalu seharga Rp.60.000 dan saat ini turun menjadi rp. 40.000 per kilo nya. Untuk cabe merah naik melonjak dari 50.000 perkilo menjadi rp. 80.000 per kilo.

Sementara itu, ayam potong tampak di jual di harga rp.35.000 perkilo,masih sama dengan harga minggu lalu,sementara itu untuk daging sapi tampak di jual rp. 160.000 perkilo,naik dari minggu lalu rp. 135.000 perkilo.

Naiknya harga-harga ini sudah lumrah terjadi pada saat jelang bulan puasa Ramadhan. Menurut salah seorang pedagang di pasar Parung , Abah acep (55 tahun) kenaikan ini hal yang biasa terjadi pada saat jelang bulan puasa.

"Biasa kalo mau puasa emang semua harga naek neng, namanya munggahan semua mau belanja buat sahur dan buka puasa pertama" ucapnya.

Menurutnya, kalaupun harga pada naik selama barangnya ada gak jadi masalah bagi pembeli, karena barang naik hanya pada saat menjelang puasa aja.

"Selama stok barang ada, naik sedikit yang belanja sudah pada maklum kok " ujarnya lebih lanjut.

BACA JUGA:4 Menu Praktis Pas untuk Dibuat pada saat Santap Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: