3 Jurus Pemerintah Stabilkan Harga Pangan, Khususnya Beras

3 Jurus Pemerintah Stabilkan Harga Pangan, Khususnya Beras

Presiden Jokowi dalam menyerahkan bantuan pangan di Kota Bitung, Sulawesi Utara-Istimewa/Bianca Chairunisa-DISWAY Grup

 

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam rangka kunjungan kerjanya ke Kota Bitung, Sulawesi Utara, Kepala Badan Nasional Arief Prasetyo Adi turut hadir dalam mengunjungi Gudang Perum Bulog Paceda untuk mendampingi Presiden Jokowi dalam menyerahkan bantuan pangan disana.

Dalam kesempatan tersebut, Arief juga menerangkan bahwa pemerintah memiliki tiga program utama sebagai bentuk intervensi pasar untuk menyeimbangkan harga pangan yang dilaksanakan melalui BULOG.

BACA JUGA:Bapanas Beberkan Penyebab Beras Langka, Bukan Gegara Bansos

BACA JUGA:Rakyat Keluhkan Kelangkaan Beras, Pengusaha Usulkan Pemerintah Lakukan Operasi Pasar

“Bulog melaksanakan Intervensi pertama melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang mendatangi langsung ke pemukiman penduduk atau tempat keramaian, kemudian intervensi selanjutnya adalah program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disalurkan ke retail modern, pasar tradisional dan pasar induk.” Ujar Arief.

Arief menegaskan bahwa memang diperlukan waktu agar tercapainya keseimbangan harga baik di tingkat produsen dan konsumen, namun hal ini telah diperhitungkan dengan baik oleh pemerintah sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir terhadap harga pangan yang saat ini belum menentu.

BACA JUGA:Presiden Jokowi: Bansos Beras Solusi di Tengah Ketidakpastian Harga Pangan

Ditemui di lokasi yang sama, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik (SCPP) Perum Bulog Mokhamad Suyamto juga menerangkan bahwa pihaknya akan terus melakukan manuver positif menyikapi harga beras yang masih fluktuatif dengan bergerak cepat menjalankan semua penugasan dari Pemerintah.

“Penyaluran bantuan pangan beras saat ini berjalan semua di seluruh Indonesia, kemudian semua outlet distribusi program SPHP, baik itu pasar induk, pasar tradisional dan retail modern telah kami gelontorkan beras SPHP untuk memperbanyak ketersediaan agar masyarakat tidak kesulitan dalam mencari beras.” Tegas Suyamto. (Bianca Chairunisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: