Fakta-Fakta Menarik Gunung Kencana Bogor, Cocok Buat Latihan Mendaki

Fakta-Fakta Menarik Gunung Kencana Bogor, Cocok Buat Latihan Mendaki

Gunung Kencana Bogor, salah satu kawasan hutan lindung--TangkapanLayar-Instagram

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Siapa yang pernah mengunjungi kawasan Gunung Kencana di Bogor? Gunung ini memang terbilang belum begitu familier dan belum menjadi objek wista utama warga bila bepergian ke Puncak.

Letak Gunung Kencana tepatnya berada di Kampung Lahan Cadangan, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Untuk para traveler yang ingin mendaki gunung tipis-tipis, gunung kecil ini cocok menjadi salah satu pilihan yang masuk di dalam daftar rekomendasi.

Gunung Kencana dapat disinggahi oleh para pendaki pemula, karena ketinggiannya tidak terlalu tinggi yaitu 1803 mdpl.

Untuk mencapai Gunung Kencana, pengunjung melewati pintu masuk Talaga Warna dan menyusuri perkebunan teh dengan jalan bebatuan.

BACA JUGA:Pesona Gunung Daun di Bengkulu, Surga di Atas Awan

BACA JUGA:Tak Sekedar Cerita Rakyat, Tuik Nenol dan Skau Ana, Sejarah Gunung Fatuleu Kabupaten Kupang

Gunung Kencana adalah sebuah gunung yang terletak di sebelah tenggara Kabupaten Bogor. 

Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Jonggol, sebuah Pegunungan yang tepat berhadapan dengan Gunung Gede Pangrango yang wilayah nya membentang dari Hambalang hingga Tanjungsari, Bogor. 

Gunung ini berjarak 70 km sebelah tenggara Jakarta, 20 km di sebelah selatan dari daerah Pegunungan Jonggol dan 15 km sebelah utara Gunung Pangrango tepatnya di berada diantara perbatasan wilayah Sukamakmur, dengan Cisarua.

Tidak hanya itu saja, ada sederet fakta menarik dari Gunung Kencana yang perlu kalian ketahui:

1. Salah Satu Kawasan Hutan Lindung

Gunung Kencana merupakan satu dari 8 gunung dalam kawasan lindung. Kedelapan gunung tersebut adalah gunung Garungsang dengan puncak tertingginya 1.147 mdpl, Gunung Malang (1.392 mdpl), Gunung Pondok Walanda (1.506 mdpl), Gunung Halimun (1.646,7 mdpl), Gunung Gedogan/Gedongan (1.668 mdpl), Gunung Kencana (1.803 m dpl) serta Gunung Luhur (1.727 mdpl).

Posisi kedelapan gunung ini berada di sebelah utara Gunung Gede Pangrango. Setelah ditelusuri, beberapa gunung dari kedelapan gunung dalam kawasan lindung di zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tersebut banyak mengisahkan cerita rakyat yang turun-menurun, dari mitos magis sampai dengan kisah tuan-tuan Belanda yang namanya tersemat menjadi nama Gunung Pondok Walanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: