Perlu Tahu, Amerika-Inggris Menjalankan Pogram Makan Siang Gratis, Simak Juga Deretan Negara lainnya

Perlu Tahu, Amerika-Inggris Menjalankan Pogram Makan Siang Gratis, Simak Juga Deretan Negara lainnya

Program makan siang gratis Prabowo-Gibran sudah diaksanakan di negara lain Foto : Disway --

Ini adalah program makanan sekolah terbesar untuk  semua skema di dunia dan bertujuan untuk  mengurangi kelaparan anak,meningkatkan partisipasi sekolah dan kehadiran di sekolah dan banyak lagi. 

Melalui cara ini India berhasil meningkatkan kesehatan gizi, utamanya anak-anak dan bahkan terbukti mempunyai dampak antar generasi, dimana lebih sedikit anak-anak pendek yang lahir dari perempuan yang mendapat manfaat dari program makanan sekolah, yang merupakan tanda umum kekurangan gizi. 

3. Swedia

Swedia bersama negara tetangganya di Skandinavia dalam menyajikan 260 juta makanan hangat per tahun untuk  siswa berusia 7-16 tahun.Sebagian besar anak berusia 16-19 tahun. 

Penelitian terhadap skema di Swedia menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan ini tidak hanya meningkatkan pencapaian pendidikan mereka. Namun juga menjadi lebih sehat seiring pertumbuhan mereka.

Anak-anak dari keluarga dengan pendapatan terendah yang menerima makanan sekolah gratis selama sembilan tahun. Meningkatkan pendapatan seumur hidup mereka sebesar 6% sehingga menghasilkan rasio manfaat terhadap biaya sebesar 7:1.

4. Negara-negara Afrika

Negara-negara Afrika memberi makan gratis antara lain Benin, Kenya sama-sama berkomitmen terhadap visi jangka panjang penyediaan makanan sekolah universal. 

Sementara Rwanda telah meningkatkan cakupan penyediaan makanan sekolah dari 660.000 menjadi 3,8 juta di sekolah dasar dan menengah.

Pendanaan untuk  perluasan makanan sekolah sebagian besar diambil dari anggaran dalam negeri. 

5. Inggris

Baik Skotlandia dan Wales memimpin upaya ini di Inggris. Skolandia menyediakan makanan sekolah gratis untuk  siswa-siswa usia dasar di P1-P5 dan ini akan diperluas, hingga P6-P7 di tahun-tahun mendatang.

Sementara Wales berkomitmen memperkenalkan makanan pokok universal selama tiga tahun  ke depan. London juga bergabung dengan kelompok elite ini dengan Walikota London yang mengumumkan pendanaan untuk  semua makanan utama di seluruh London untuk  tahun ajaran 2023/2024. 

Sementara di Inggris , siswa berusia 3-7 tahun menerima makanan sekolah gratis secara universal. Namun dipindahkan ke sistem yang sudah teruji kemampuannya mulai tahun ke-3.

6. Brazil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: