Manfaat dan Cara Akses Teknologi RCS, Rekomendasi Bagi Pemilik Usaha Dapatkan Cuan di 2024

Manfaat dan Cara Akses Teknologi RCS, Rekomendasi Bagi Pemilik Usaha Dapatkan Cuan di 2024

Manfaat RCS dalam Kehidupan sehari-hari, Bagi pemilik bisnis adalah teknologi Cepat Cuan --

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Seperti yang sudah kita ketahui dalam artikel sebelumnya, RCS adalah protokol komunikasi baru yang menawarkan banyak manfaat dibandingkan dengan SMS dan MMS. 

RCS memungkinkan pengguna mengirim pesan yang lebih panjang, file yang lebih besar, dan pesan multimedia. 

Dalam RCS ditawarkan pula fitur obrolan seperti tanda terima dibaca,indikator pengetikan dan pesan yang dihapus.

RCS juga menawarkan enkripsi end to end untuk keamanan yang lebih baik.

Beberapa perusahaan yang terlibat dalam pengembangan RCS:

  • Google: Google telah bekerja sama dengan GSMA dan operator seluler untuk mengembangkan standar RCS. Google juga telah mengembangkan aplikasi perpesanannya sendiri, Android Messages, yang mendukung RCS.
  • Apple: Apple belum secara resmi mendukung RCS, tetapi ada laporan bahwa Apple sedang mengerjakan dukungan RCS untuk iMessage.
  • Microsoft: Microsoft telah bekerja sama dengan GSMA dan operator seluler untuk mengembangkan standar RCS. Microsoft juga telah mengembangkan aplikasi perpesanannya sendiri, Skype, yang mendukung RCS.
  • Samsung: Samsung telah menjadi salah satu pendukung utama RCS. Samsung telah bekerja sama dengan GSMA dan operator seluler untuk mengembangkan standar RCS. Samsung juga telah mengembangkan aplikasi perpesanannya sendiri, Samsung Messages, yang mendukung RCS.

BACA JUGA:Gandeng Google, Telkomsel Merilis RCS dan RBM: Transformasi SMS yang Makin Interaktif

BACA JUGA:Fitur Baru WA: Pindahkan Foto dengan 'Goyang Ponsel' Android-Iphone, Begini Cara Kerjanya

Skenario Menarik Penggunaan RCS

Selain penggunaan RCS untuk komunikasi perpesanan pengganti SMS dan MMS bagi end-user, sebenarnya ada banyak manfaat menggunakan RCS. Seperti misalnya untuk pengguna dari kalangan pebisnis. Fitur RCS menawarkan banyak manfaat bagi pemilik usaha, antara lain:

  • Pemasaran yang lebih efektif:  pengguna dapat menggunakan RCS untuk mengirim pesan promosi yang ditargetkan kepada pelanggan.
  • Dukungan pelanggan yang lebih baik: kita dapat menggunakan RCS untuk memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik kepada pelanggan.
  • Broadcast pesan: Dengan menggunakan protokol RCS, pengguna bisa mengirim pesan broadcast ke pelanggan, untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Namun biasanya untuk layanan broadcast ini diperlukan sistem khusus dari penyedia layanan telekomunikasi.
  • Mengurangi biaya: RCS lebih hemat biaya daripada SMS dan MMS. Karena RCS dikirimkan dengan menggunakan internet (data selular/Wi-Fi), jadi biaya yang dikeluarkan tidak seperti SMS/MMS yang dihitung menggunakan pula. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi biaya komunikasi pemilik usaha.

Tidak seperti SMS/MMS, Lewat RCS, pengguna bisa mengirim pesan yang panjang, file besar, dan pesan multimedia. RCS juga  menawarkan fitur obrolan seperti tanda terima dibaca, indikator pengetikan, dan pesan yang dihapus. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan secara real time.

Dari sisi keamanan, RCS menawarkan enkripsi end-to-end untuk keamanan yang lebih baik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melindungi informasi sensitif. Pengguna RCS juga bisa berkomunikasi antar platform yang kompatibel, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan lain.

Cara Mengakses Fitur RCS

Untuk mengakses fitur perpesanan RCS, bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

  • Pastikan operator kalian sudah mendukung RCS.  Kalian juga bisa memeriksa dengan operator yang kalian gunakan untuk melihat apakah RCS tersedia di wilayah kalian. Di Indonesia sendiri, Telkomsel menjadi salah satu operator telekomunikasi yang menyediakan layanan RCS, berkat kerjasama dengan Google.
  • Gunakan aplikasi perpesanan yang mendukung RCS. Ada beberapa aplikasi perpesanan yang mendukung RCS, seperti Google Messages, Samsung Messages, dan Android Messages.
  • Aktifkan RCS di aplikasi perpesanan. Cara mengaktifkan RCS tergantung pada aplikasi perpesanan yang kalian gunakan. Berikut adalah beberapa langkah umum:
    - Google Messages: Buka aplikasi Google Messages. Buka Pengaturan. Ketuk “Fitur Chat”. Aktifkan “Chat RCS”.
    - Samsung Messages: Buka aplikasi Samsung Messages. Buka Pengaturan. Ketuk menu “Chat “. Aktifkan “Chat”.
    - Android Messages: Buka aplikasi Android Messages. Buka Pengaturan. Ketuk “Chat”. Aktifkan “Fitur Chat”.
  • Untuk perangkat yang mendukung, saat ini protokol RCS sudah tersedia untuk semua pengguna smartphone Android. Bagi pengguna Android yang aplikasi pesannya belum mendukung, bisa menggunakan aplikasi Google Message. Untuk pengguna PC, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi komunikasi milik Microsoft yaitu Skype.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: