Harus Tahu! 2 Warna Pakaian yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan di Perayaan Imlek

Harus Tahu! 2 Warna Pakaian yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan di Perayaan Imlek

Warna merah dan emas menjadi warna yang melambangkan hal positif, sedangkan warna hitam dan putih melambangkan hal negatif--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hanya tinggal menghitung hari, dimana masyarakat Indonesia dengan etnis Tionghoa merayakan perayaan Tahun Baru Imlek 2024.

Tentunya momen ini sudah ditunggu dan sangat di nantikan bagi mereka yang merayakannnya. Maka daari itu tidak heran jika sudah banyak persiapan untuk perayaan tahun baru China ini.

Mulai dari persiapan makanan, minuman yang disajikan, dekorasi untuk memeriahkan Imlek, hingga pakaian yang digunakan pada saat perayaan penting ini. Sebagai tanda antusias terhadap perayaan yang sangat dinantikan setiap tahunnya.

Namun tahukah kalian jika dalam perayaan tahun baru China atau Imlek, ada beberapa hal yang harus dihindari. Seperti salah satunya pemilihan warna baju yang dilarang digunakan.

Untuk kalian yang belum memahaminya, wajib banget membaca artikel ini sehingga bisa mengetahui alasan mengapa ada aturan tersebut.

BACA JUGA:Makna Kue Keranjang, Camilan Khas Imlek yang Jadi Primadona

BACA JUGA:'Primbon Jawa Berkata',Prediksi Weton yang Bakal Mujur Penuh Rejeki Setelah Imlek 2024

Jika dibandingkan dengan perayaan penting lain, pakaian yang dipilih untuk merayakan tahun baru Imlek biasanya memiliki makna sejarah, adar, dan mengandung simbolik yang khas.

Namun ada juga kesamaan yang terjadi setiap perayaan tahun baru yang juga sudah menjadi tradisi lama dan masih melekar pada perayaan musim semi China yakni kebiasaan membeli pakaian baru guna menyambut tahun baru Imlek.

Bukan tanpa sebab, tindakana ini secara simbolis mencerminkan banyak unsur festival lain yang menonjolkan ide perubahan, awal baru, dan menghilangkan hal-hal yang lama.

Tidak ada ketentuan tertentu mengenai jenis atau model pakaian yang harus dibeli, namun di masa lalu, banyak yang menyimpan pakaian tradisional Tionghoa yang khusus dikenakan sebagai pakaian perayaan Imlek.

Salah satu praktik umum yang masih lestari hingga sekarang berkaitan dengan penggunaan warna merah.

Dalam kepercayaan budaya China merah, sebagai warna keberuntungan dan juga melambangkan kekuatan serta  kemakmuran.

BACA JUGA:1000 Makna Buah Jeruk dan Alasannya Hingga Jadi Sajian Imlek di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: