Jangan Asal Gunakan, Ini Cara Tepat Merawat Mobil Diesel Biar Tetap Bertenaga

Jangan Asal Gunakan, Ini Cara Tepat Merawat Mobil Diesel Biar Tetap Bertenaga

Perawatan mobil diesel tidak seperti dengan cara merawat mobil pada umumnya, perlu ada perhatian khusus supaya awet--Ford

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Merawat mesin diesel pada mobil jangan dilakukan secara sembarangan, bahkan jangan juga sampai abai dalam perawatan rutinitasnya jika tidak ingin kendaraan tidak bertenaga.

Merawat mesin diesel pada mobil tentunya akan berbeda dengan merawat mesin mobil biasanya. Jika tidak melakukannya dengan tepat, yang ada justru bisa membuat mobil menjadi rusak. 

Meskipun sering dianggap berisik, mobil dengan bahan bakar diesel cukup banyak digemari masyarakat karena dianggap lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. 

Selain irit, mobil diesel juga digemari karena tenaganya yang lebih unggul dibandingkan mobil lainnya. Bahkan mobil ini lebih tangguh untuk berbagai medan jalan. 

Beberapa contoh mobil dengan bahan bakar diesel yang saat ini banyak digemari seperti Toyota Fortuner, Toyota Innova, dan Toyota Venturer, Pajero Sport, dan juga Isuzu Panter masih menjadi andalan di berbagai kota, dan juga lain-lainnya.

Nah, agar tidak salah dalam merawatnya sebaiknya kamu melakukan hal-hal berikut ini ya.

BACA JUGA:Stop! Kebiasaan Panaskan Mobil Sebelum Pergi, Malah Bikin Boros BBM, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Buka Kran Pesanan, Inilah Keunggulan dan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu 2024

 

Cara Merawat Mesin Diesel

  • Selalu panaskan mobil terlebih dulu

Cara pertama dalam merawat mesin diesel adalah dengan selalu memanaskannya terlebih dulu sebelum mulai digunakan. Sebenarnya, bukan tanpa alasan pemilik mobil harus melakukan kebiasaan ini. 

Dengan melakukan pemanasan, oli yang terdapat pada mobil bisa melakukan sirkulasi terlebih dulu serta melumasi setiap komponen-komponen mesin secara maksimal. 

Tidak perlu lama-lama, sekitar 5-10 menit juga sudah cukup untuk membuat mesin mobil siap dipakai. 

  • Jangan salah pilih oli

Penggunaan oli pada mesin diesel juga akan berbeda dengan mesin pada umumnya. Ciri khas mesin diesel yang memiliki temperatur lebih tinggi membutuhkan jenis oli yang lebih kental daripada oli untuk mobil biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: