Hasil Survei Indexpolitica, Elektabilitas Paslon Prabowo-Gibran Masih yang Tertinggi

Hasil Survei Indexpolitica, Elektabilitas Paslon Prabowo-Gibran Masih yang Tertinggi

Hasil survei Indexpolitica masih menempatkan Prabowo-Gibran pemilik elektabilitas tertinggi Foto : Media Lampung.co.id-Disway --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Hasil survei dari Lembaga Survei yang terbaru alias yang paling akhir masih menempatkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Raka Buming Raka sebagai paslon yang memiliki elektabilitas tertinggi.

Elektabilitas maksudnya adalah tingkat keterpilihan seseorang kandidat atau partai politik, sedangkan popularitas adalah tingkat keterkenalan seseorang kandidat 

Seperti hasil dari Lembaga Survei IndexPolitica yang dirilis langsung oleh Direkturnya Denny Charter pada Kamis 18 Januari 2024.

Hasil-hasil Lembaga-lembaga Survei yang lebih dulu dirilis, juga menempatkan paslon nomor urut sebagai peraih elektabilitas tertinggi. 

Denny Charter mengatakan Survei Lembaganya dilakukan pada 23 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024 atau lebih kurang selama 10 hari 

Pengumpulan data dilakukan dengan cara dibagi menjadi 3 klaster. ke-3 klaster tersebut adalah, Pulau Jawa dengan 1200 responden, Pulau Sumatera 700 responden dan di Indonesia Timur 400 responden.

Metode yang dipergunakan penelitian kuantitatif dengan total jumlah responden sebanyak 2.300. Para responden adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang diambil dari daftar pemilih tetap (DPT) yang berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah.

Survei dari Indexpolitica ini menggunakan teknik wawancara dengan sampel dari seluruh Provinsi yang terdapat di Indonesia.

Penghitungan statistik survei ini menggunakan metode slovin dengan jumlah responden antara 1200 sampai dengan 2300.

Metode Slovin atau Rumus Slovin merupakan metode praktis, untuk  menentukan ukuran atau jumlah sampel dengan syarat jumlah populasi yang relatif besar.

Penentuan banyaknya sampel, minimum yang diperlukan dalam penelitian perlu memperhatikan batas toleransi kesalahan yang ditetapkan.

Margin of error dari survei  ini adalah 2,5 sampai 5 persen, dan tingkat kepercayaannya 95 persen. 'Dalam survei elektabilitas capres, responden diberi pertanyaan, ''Jika pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diadakan hari ini, siapa pasangan presiden wakil/presiden yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih ?

Hasilnya adalah sebagai berikut

1. Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar = 25,26 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: