Sempat Diretas, Akun Instagram Pribadi Mahfud MD Kembali Pulih

Sempat Diretas, Akun Instagram Pribadi Mahfud MD Kembali Pulih

Akun Instagram Menkopolhikam Mahfud MD, yang diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.-Foto: Instagram.com/@proganjarmahfud03-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Rizal Mustary mengatakan akun @mohmahfudmd itu telah kembali dikendalikan oleh tim pengelola sekitar pukul 18.00 WIB.

"Account secured, sudah kita kendalikan lagi," kata Rizal dalam keterangannya, pada Selasa, 16 Januari 2024. 

Rizal mengungkapkan, peretasan itu diduga dilakukan oleh pihak luar dari tim pengelola akun Instagram Mahfud. Atas peretasan ini, Kemenko Polhukam menegaskan bahwa segala unggahan di akun tersebut sejak siang hari bukanlah dari Mahfud MD

"Segala post dan direct message dari akun tersebut sejak siang hari ini bukanlah dari Bapak Mahfud MD," pungkasnya. Staf Khusus MenkoPolhukam, Rizal Mustary membenarkan jika akun Instagram resmi Mahfud MD diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola. 

BACA JUGA:

Penelusuran tim, situasi penguasaan akun terjadi sejak Selasa siang dan saat ini tim sedang memulihkan kembali akun Instagram tersebut.

Peretas mengunggah video dengan keterangan bertuliskan Bahasa Ibrani. Video yang diunggah itu memperlihat beberapa anak muda dengan mengenakan seragam seperti militer bermain bola. 

Bola disundul dari satu orang ke orang lainnya. Sementara di keterangannya berbahasa Ibrani yang berarti 'Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?

"Saat ini status akun Instagram pribadi Bapak Mahfud MD (www.instagram.com/mohmahfudmd) diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola," ujar Rizal dalam keterangan tertulisnya, Selasa 16 Januari 2024.

Rizal juga meminta masyarakat mengabaikan jika mendapat direct message atau pesan langsung pribadi dari Instagram @mohmahfudmd.

Pasalnya, sebelum video berdurasi 12 detik pria berseragam yang sedang melempar bola itu muncul, akun Instagram pribadi Mahfud MD, @mohmahfudmd itu baru saja mengunggah kegiatan Mahfud baik saat kampanye maupun kegiatan di Kemenkopolhukam. 

Wakil Direktur Representatif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud, Oktafiandi membenarkan instagram milik Mahfud itu diretas. TPN pun sedang berupaya memulihkan akun Menko Polhukam itu.

BACA JUGA:

"Instagram Prof Mahfud MD lagi di-hack, dan dalam proses untuk diambil alih oleh tim," ujar Oktafiandi kepada CNNIndonesia.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: