Subhanallah! Ini Keutamaan Mengamalkan Surah Al-Kafirun: Pahalanya Sama dengan Membaca Seperempat Al-Quran

Subhanallah! Ini Keutamaan Mengamalkan Surah Al-Kafirun: Pahalanya Sama dengan Membaca Seperempat Al-Quran

Keutamaan membaca surat Al-Kafirun.-Foto: Unsplash.com/TheDancingRain-

BACA JUGA:

Keutamaan Membaca Surat Al Kafirun

  • Memperkuat Keimanan

Karena surat Al Kafirun berisikan tentang ketundukan dan kepatuhan umat muslim kepada Allah, maka dengan membaca dan mengamalkannya setiap hari dapat memperkuat fondasi keimanan seorang muslim. Di dalam ayat-ayat Al Kafirun menunjukkan bahwa manusia adalah orang yang berikrar dan bersaksi hanya kepada Allah SWT.

  • Jadi Pembeda antara Islam dan Non-Islam

Keutamaan surah Al Kafirun juga menjadi pembeda antara Islam dan non-Islam. Sebab, ayat dalam surah Al Kafirun menunjukkan bahwa apa yang disembah, diikuti, dan apa yang menjadi aturan Islam tidak sama dengan apa yang non-muslim yakini.

  • Mendapat Pahala Membaca Surah Al Kafirun Sama dengan Seperempat Al-Qur'an

Menurut Syeikh Ibnu 'Abbaz membaca empat kali surat ini sama dengan menghatam Al-Qur'an. Hanya, bukan berarti tidak perlu lagi membaca Al-Qur'an. Sebab, seorang muslim hendaknya membaca Al-Qur'an setiap hari.

  • Dibaca Menjelang Tidur Dapat Bebas dari Kemusyrikan

Rasulullah saw. bersabda, "Bacalah Qul ya Ayyuhal-kafirun kemudian tidurlah di akhirnya, sesungguhnya ayat tersebut membebaskan dari kemusyrikan". (HR Abu Dawud dari Farwah bin Naufal). Surah Al Kafirun sering dijadikan sebagai bacaan menjelang tidur sebagai isyarat bahwa seorang muslim harus melakukan ibadah kepada Allah Swt. untuk menjaga imannya, dari membuka mata hingga menutup mata agar terhindar dari kekafiran dan kemusyrikkan.

  • Ditakuti Iblis

Surat Al Kafirun juga merupakan surat yang ditakuti iblis.  Hal ini tercantum dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas yang artinya sebagai berikut:

"Tidak ada dalam Alquran yang lebih menakutkan bagi iblis daripada Qul Ya Ayyuhal-Kafirun, sebab ia adalah tauhid dan pembebas dari kemusyrikan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: