13 ODGJ di Serang Lakukan Perekaman E-KTP

13 ODGJ di Serang Lakukan Perekaman E-KTP

13 ODGJ di Serang ikut perekaman E-KTP, Rabu 10 Januari 2024-Foto : Radar Banten -

SERANG, RADARPENA.CO.ID-Sebanyak 13 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Yayasan Jiwa Berseri Kampung Umbul Sepur, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten SERANG, mengikuti perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) atau E-KTP.

Analis Database Kependudukan Muda pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang Yulinda Musa mengatakan, pihaknya rutin melakukan pelayanan perekaman KTP El bagi para pengidap ODGJ maupun mereka yang telantar.

"Karena seluruh warga Indonesia ini kan berhak mendapat data kependudukan jadi tujuan kita disini untuk mendata semua penduduk, termasuk mereka orang-orang terlantar yang ada di yayasan-yayasan,” katanya,Rabu 10 Januari 2024. 

BACA JUGA:Daftar Biaya Haji 2024 untuk 13 Embarkasi, Berikut Rinciannya

Dalam pelaksanaan perekaman terhadap mereka yang terlantar ataupun pengidap ODGJ, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang ataupun dengan pemilik yayasan yang ada di Kabupaten Serang. 

“Di Kabupaten Serang yayasan seperti ini yang saya pernah datangi ada tiga. Yang sudah direkam ada banyak, sekitar 100 lebih sejak tahun kemarin,” jelasnya.

Menurutnya, perekaman KTP sangat penting dilakukan agar nantinya ODGJ yang ada di yayasan tersebut memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

BACA JUGA:14 Stasiun MRT di Tangerang Banten, Ini Pembahasan Pemprov

Itu berguna agar mereka bisa mendapatkan akses pelayanan publik atau bahkan akses layanan kesehatan.

“Yang penting mereka sudah mendapatkan NIK karena NIK ini untuk BPJS dan kepentingan lainnya dan membuktikan mereka terdaftar sebagai warga Indonesia."

"Kalau KTP kita bekerjasama dengan yayasan tersebut kalau pihak yayasan meminta KTP baru kita cetak,” pungkasnya.

Sementara itu, Pengasuh Yayasan Jiwa Berseri Supartinah mengatakan, di yayasan yang ia kelola sendiri ada sebanyak 15 ODGJ yang tinggal. Dari jumlah tersebut, 13 orang diikutsertakan dalam perekaman. 

“Total ada 15 mereka hampir rata dari jalan semua, karena kita ngambilnya dari jalan semua. Yang perekaman hari ini ada 13, semua perekaman,” jelasnya sebagaimana mengutip Radar Banten, Kamis 11 Januari 2024. 

Dari jumlah tersebut, ada beberapa yang sudah teridentifikasi oleh keluarganya. Namun karena mereka selalu kembali ke jalan, mereka kembali hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: