Kabar Duka! Legenda Sepak Bola Brazil Mario Zagallo Meninggal Dunia, Selamat Jalan Velho Lobo!

Kabar Duka! Legenda Sepak Bola Brazil Mario Zagallo Meninggal Dunia, Selamat Jalan Velho Lobo!

Namun, saat itu tim yang ia pimpin kalah dari tuan rumah yang dimana saat itu Prancis menjadi juaranya.

Perlu diketahui Mario Zagallo adalah orang pertama yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan manajer.

Kemudia disusul oleh Franz Beckenbauer dari Jerman dan Didier Deschamps dari Prancis.

BACA JUGA:Terungkap! Alasan Elkan Baggot Pilih Bela Timnas Indonesia Dibanding Thailand

BACA JUGA:Mohamed Salah Bakal Tinggalkan Liverpool di Pertengah Januari 2024, Jurgen Klopp: Tak Masalah!

Profil Mario Zagallo 

Pria yang memiliki nama lengkap Mario Jorge Lobo Zagallo ini lahir di Atalaia pada 9 Agustus 1931. Ia dikenal sebagai seorang pemain, koordinator, dan manajer sepak bola profesional Brasil, yang bermain sebagai penyerang timnas Brasil.

Mario diketahui sempat menjadi tentara di masa mudanya, bekerja di Stadion Maracanã ketika Uruguay mengalahkan Brasil di final Piala Dunia 1950.

Mario Zagallo memegang rekor gelar Piala Dunia secara umum dengan total empat gelar, dan juga memegang rekor final Piala Dunia dengan enam partisipasi. 

Dirinya dijuluki Profesor oleh para pemainnya sepanjang karir kepelatihannya, karena kesadaran taktisnya dan kehadirannya yang berwibawa di bangku cadangan. 

Ia juga dijuluki Velho Lobo 'Serigala Tua' karena nama di belakangnya Lobo yang berarti serigala.

Dia adalah orang pertama yang memenangkan Piala Dunia FIFA sebagai manajer dan pemain, memenangkan kompetisi pada tahun 1958 dan 1962 sebagai pemain, pada tahun 1970 sebagai manajer, dan pada tahun 1994 sebagai asisten manajer. 

Mario Zagallo juga melatih Brasil pada tahun 1974 (finis keempat) dan pada tahun 1998 (finis sebagai runner-up) dan menjadi asisten teknis pada tahun 2006.

Dia adalah orang pertama dari tiga pemain, bersama dengan Franz Beckenbauer dari Jerman dan Didier Deschamps dari Prancis yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan manajer dan satu-satunya yang melakukannya lebih dari dua kali.

Pada tahun 1992, Mario Zagallo menerima FIFA Order of Merit, penghargaan tertinggi yang diberikan oleh FIFA, atas kontribusinya terhadap sepak bola. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: