2 wanita terkaya Indonesia versi Forbes,ini sumber hartanya

2 wanita terkaya Indonesia versi Forbes,ini sumber hartanya

Diduga kuat, bisnis Dewi Kam sejak dulu adalah sektor energi. Sebab, catatan dari laporan Indonesia Corruption Watch (ICW) berjudul "Siapa di Balik Pembangkit Listrik?" (2020) memberi kejelasan terkait itu.

Tercatat pada 2006 Dewi Kam menghadiri penandatangan kontrak proyek energi antara Indonesia dan China sebesar US$ 3,56 milliar dalam acara Indonesia-China Forum Energy II di Shanghai. Saat itu dia menjabat posisi penting sebagai Presiden Komisaris PT Sumber Gas Sakti Prima.

 

Catatan ini kemudian sesuai dengan arsip Detik Finance (28 Oktober 2006) bahwa dalam kontrak ini, Dewi Kam mengelola proyek Coal Based Chemical Plant di Balocci, Sulawesi Selatan dengan nilai US$ 687 Juta.

Dalam laporan ICW itu tercatat pula kalau Dewi Kam adalah pemilik PT Sumber Gas Sakti Prima. Dia punya 91% saham bersama dengan Richard Jasin.

Selain itu, Dewi Kam juga pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di British Virgin Island, serta pemegang saham Overseas Finance Ltd yang ada di Samoa.

Karena menguasai PT Sumber Gas Sakti Prima, Dewi diketahui terlibat dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jepenonto, Sulawesi Selatan.

 

BACA JUGA:

 

Mengutip Detikdotcom, keterlibatan ini dilakukan melalui PT Sumber Energi Sakti Prima (SSP), yang bermitra dengan PT Bosowa Energi. Proyek ini mulai dibangun dan beroperasi pada 2014 dengan kapasitas 2x125 MW.

Namun, yang membuat Dewi Kam tertimpa 'durian runtuh' adalah saat memiliki saham PT Bayan Resources. Dia adalah pemilik saham minoritas sebesar 10% di perusahaan batu bara itu.

Atas dasar itulah, kekayaannya meningkat hampir 100% seiring meningkatnya nilai saham Bayan Resources sebanyak 3 kali lipat pada tahun 2022. Artinya, dia yang sebetulnya sudah kaya, jadi makin kaya pasca keuntungan Bayan.

 

2.  Marina Budiman

Wanita terkaya Indonesia kedua adalah Marina Budiman. Dalam Forbes Real Time Billionaires Marina menjadi orang terkaya RI urutan 22, total kekayaan Marina hingga Selasa (2/1/2024) sebesar US$1,3 miliar atau setara dengan Rp20,1 triliun (Rp15.465/US$1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: