Sumedang Diguncang Gempa 3 Kali, 331 Pasien RSUD Dievakuasi

Sumedang Diguncang Gempa 3 Kali, 331 Pasien RSUD Dievakuasi

SUMEDANG, RADARPENA.CO.ID- Ratusan pasien di RSUD Kabupaten SUMEDANG terpaksa dievakuasi akibat gempa yang terjadi, Minggu 31 Desember 2023 malam tadi. 

Pemerintah Kabupaten Sumedang memindahkan 331 pasien yang terdiri dari 248 pasien rawat inap serta 83 pasien UGD ke tempat yang aman agar tetap mendapatkan fasilitas dan perawatan kesehatan. 

Sebagian pasien dipindahkan ke RS Pakuwon dan lainnya ditempatkan di tenda sementara.

BACA JUGA:Tepat Malam Tahun Baru, Polri Catat 41 Ribu Kendaraan Keluar via GT Kalihurip Arah Bandung  

Mengutip data BMKG, gempa terjadi di malam tahun baru, pukul 20.34, Minggu 31 Desember 2023. 

Gempa ini diawali oleh 2 gempa bumi pembuka berkekuatan M 4.,1 yang terjadi pada pukul 14.35 WIB dan M 3,4 pada pukul 15.38 WIB.

Adapun sejumlah daerah yang terdampak yakni RSUD Sumedang dan area pemukiman di Babakan Hurip, Tegalsari, Cipameungpeuk serta Cimalaka.

BACA JUGA:Gedung RSUD Sumedang Selatan Rusak Akibat Gempa Bumi, Pasien Dievakuasi

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan, ada 3 bangunan yang retak di RSUD dan saat langsung dilakukan asesmen secara cermat yaitu di Paviliun, VIP dan Sakura.

"Kami putuskan semua pasien yang ada di 3 bangunan utama dievakuasi. Sebanyak 248 pasien rawat inap ditambah 83 pasien di IGD dievakuasi ke tempat aman, kami tempatkan di 5 tenda," ujarnya dalam keterangan yang dikutip, Senin 1 Januari 2024.

Dikatakan Herman, dalam upaya mengevakuasi bencana gempa di rumah sakit, pihaknya berupaya memperhatikan keselamatan pasien agar tidak sampai menimbulkan ekses terhadap kesehatan para pasien. 

"Prinsip kami jangan sampai menangani permasalahan kemudian ada ekses. Satu sisi kami harus evakuasi, tapi kami harus perhatikan juga keselamatan pasien karena warga sakit terutama yang kritis dan anak anak. Untuk kondisi saat ini aman terkendali, namun tetap waspada," ujarnya.

Menurut Herman, untuk RS Pakuwon,  sebagai antisipasi semua pasien dievakuasi keluar dari gedung rumah sakit Pakuwon ke tempat yang aman. 

Pascagempa BPBD melakukan asesmen untuk memastikan bangunan di Pakuwon dalam kondisinya baik dan jika sudah bisa disimpulkan hasil asesmen baru dilakukan langkah berikutnya untuk mengembalikan pasien ke ruangannya masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: