Anggapan Dunia Tentang Pemilu di Indonesia: Rumit dan Kompleks, Benarkah?

Anggapan Dunia Tentang Pemilu di Indonesia: Rumit dan Kompleks, Benarkah?

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Tidak lama lagi Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Umumum (Pemilu) tahun 2024.

Pemilu dilaksanakan 14 Februari 2024 dan serentak diseluruh Wilayah Indonesia. Dalam pemilu tersebut Warga Negara yang memiliki hak pilih dan sudah terdaftar di Dalam Datar Pemilih Tetap (DPT) siap menyalurkan suaranya.

Pemilih akan mencoblos lima jenis surat suara yakni untuk  Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan DPR-RI dari Dapil Provinsi masing-masing, Calon DPD dari Dapil masing-masing, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

BACA JUGA:Update Perkembangan Perang di Gaza: Israel Makin Menggila, Hamas Masih Tetap Tangguh!

Namun begitu pengamat  mengatakan Pemilu di Indonesia sangat rumit, sangat panjang dan tahapannya lama.

Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk  Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini memberikan tanggapannya terkait Karateristik Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia yang paling rumit dan Kompleks di dunia.

"Apalagi Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun yang sama, "ujarnya.

Seperti diketahui setelah penyelenggaran Pilpres, PIlleg dan Pemilihan Anggota DPD pada 14 Februari 2024, setelah itu akan disambung dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk  Memilih Gubenur /Walikota dan Bupati diseluruh Indonesia. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tanggal Pilkada serentak hari Rabu 27 November 2024.

Selanjutnya kembali ke pernyataan Titi Anggraini tersebut dirinya juga menyebut, jika pemilihan di Indonesia itu adalah pemilihan satu hari terbesar di dunia (The Biggest one-day election in the world. 

Sosok Titi Anggraini juga bukan perempuan biasa di Indonesia, ia adalah Duta Demokrasi mewakili Indonesia dalam International institut for Electtoral Assistance (International IDEA).

BACA JUGA:Malam Tahun Baru 2024, KRL Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB, MRT dan LRT Perpanjang Jam Layanan

Titi Anggraini mengeluarkan pernyataan tersebut terkait dengan adanya penyelenggaraan pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada di Indonesia pada 2024.

Beberapa karateristik dari Pemilu di Indonesia yang rumit dan spesifik dibanding Pemilu-pemilu lain di negara-negara di dunia adalah rekapitulasi suara yang paling lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: