Jenazah Lukas Enembe, Eks Gubernur Papua Dimakamkan di Halaman Rumah Pribadinya

Jenazah Lukas Enembe, Eks Gubernur Papua Dimakamkan di Halaman Rumah Pribadinya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Diketahui, jenazah Lukas Enembe terlambat tiba di rumah duka. Jenazah yang tiba di Jayapura pada Kamis, 28 Desember 2023, pukul 09.30 WIT, masih dalam perjalanan hingga malam hari akibat beberapa insiden.

Jenazah tiba di Bandara Sentani, Jayapura pada Kamis 28 Desember 2023. Setelah itu, dibawa ke Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKIN) untuk disemayamkan beberapa saat.

Selanjutnya jenazah akan diserahkan dari Pemprov Papua ke pihak keluarga untuk dimakamkan di Koya Tengah, Jayapura. Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen meminta masyarakat untuk tidak datang ke Bandar Sentani. Para pelayat diimbau menunggu jenazah di STAKIN.

"Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas agar tetap aman dan kondusif sehingga masyarakat dapat memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum mantan Gubernur Papua Lukas Enembe," ucap Fredrickus.

BACA JUGA:

Mantan Gubernur Papua dua periode Lukas Enembe meninggal dunia di usianya yang ke-56 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada Selasa 26 Desember 2023.

Sempat terjadi kericuhan saat jenazah Lukas diarak warga. Sejumlah ruko dibakar dan aparat yang berjaga luka-luka, salah satunya yang terluka Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun dan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri juga menjadi incaran serangan massa.

Pemakaman Gubernur Papua yang menjabat selama dua periode itu dijaga oleh 1.500 aparat gabungan TNI-Polri. Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor Mackbon mengatakan para personel keamanan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar Koya Tengah demi mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan.

"Saat ini anggota TNI-Polri sudah bersiaga di sejumlah titik di sekitar Koya Tengah mengingat jenazah akan dimakamkan di kediamannya di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, " katanya, Jumat 29 Desember 2023.

Jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe akhirnya dimakamkan di kediamannya di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Jumat 29 Desember 2023 siang sekitar pukul 14.30 WIT setelah sempat ditunda.

Pemakaman Lukas Enembe dihadiri oleh keluarga, kerabat, dan masyarakat Papua. Menurut pantauan Tribun Papua, ribuan orang hadir dalam pemakaman tersebut.

BACA JUGA:

Pukul 12.55 WIT, prosesi penghormatan terakhir kepada jenazah Lukas Enembe dilaksanakan. Isak tangis para pelayat mengiringi penurunan peti jenazah Lukas pada pukul 14.40 WIT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: