Survei Litbang Kompas: Kinerja Polri Mendapat Apresiasi Tinggi dari Masyarakat

Survei Litbang Kompas: Kinerja Polri Mendapat Apresiasi Tinggi dari Masyarakat

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kinerja Kepolisian mendapatkan kepuasan masyarakat mencapai 87,8 persen menurut hasil Survey Litbang Kompas.

Hasil dari survei tersebut, 9 dari 10 responden menyatakan puas terhadap pelayanan yang dihadirkan Polri kepada masyarakat.

Menurut Survey Kompas “Secara rata-rata, tak kurang 87,8 persen publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi,” dikutip Selasa (26/12/23).

Survei Kompas kepada masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober-15 November 2023. Survei dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah Polda dengan total keseluruhan 3.400 responden masyarakat umum yang menunjukkan capaian sangat positif bagi kinerja Polri.

BACA JUGA:

Dalam survei tersebut dijelaskan, tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dinilai sangat positif oleh publik. Lebih dari 89 persen responden menyatakan puas dengan upaya Polri dalam menjaga kamtibmas.

Untuk penegakan hukum yang dilakukan Polri, 4 dari 5 responden menilai sangat puas. Sementara, untuk pelayanan pengaduan masyarakat mendapat angka kepuasan 68,7 persen.

Masyarakat menyatakan, pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi. Namun, 16,8 persen responden memilih melakukan pengaduan lewat media sosial.

"Dalam model jawaban multiple response, selain datang langsung ke kantor polisi, sekitar seperlima bagian responden menjawab pengaduan dapat melalui layanan call center Polri," ujar penjelasan hasil survei.

Dari hasil survei Litbang Kompas itu, secara keseluruhan menunjukan bahwa kinerja Polri mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat.

Termasuk komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menghadirkan personel profesional yang telah terealisasi.

“Apa yang terefleksi dalam kinerja yang ditunjukkan oleh Polri tersebut juga semestinya menjadi bentuk konfirmasi bahwa upaya pembenahan, termasuk pengawasan melekat dalam internal institusi, telah berjalan apik,” jelas survei tersebut.

Lebih lanjut, hasil survei juga menjelaskan pengawasan yang dilakukan dalam rangka mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran oleh anggota polisi telah terbukti dilakukan secara konsisten. Salah satunya tercermin dari pelayanan aduan masyarakat yang dihadirkan.

Layanan pengaduan pelanggaran anggota memang masih perlu diperbaiki. Respons pengaduan serta kemudahan akses layanan aduan mendapat sorotan paling tinggi, masing-masing sekitar dua perlima bagian responden masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: