Elektabilitas 3 Paslon di Pemilu 2024 dari Lembaga-Lembaga Survei, Berikut Daftarnya

Elektabilitas 3 Paslon di Pemilu 2024 dari Lembaga-Lembaga Survei, Berikut Daftarnya

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Semakin dekatnya pelaksanaan Pilpres 2024, berbagai Lembaga Survei di Tanah Air berlomba merilis hasil elektabilitas masing - masing Paslon.

Pesta Demokrasi Indonesia setiap lima (5) tahun sekali itu, hanya tinggal menghitung hari. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pemungutan suara.

Pada tanggal tersebut seluruh Masyarakat Indonesia di mana saja berada yang sudah termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan berduyun-duyun datang ke TPS, guna menyalurkan hak pilihnya. 

BACA JUGA:Profil Singkat Lukas Enembe, Mulai dari Menjabat Wakil Bupati hingga Terseret Kasus Korupsi

Penelusuran RadarPena dari hasil survei-survei paling baru yang dilakukan lembag-lembaga survei, telah merilis hasil survei terkait elektabilitas ketiga masing Paslon Yakni Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud

Pada umumnya Lembag-lembaga Survei, telah merilis hasil terbaru mereka yang nampak mengunggulkan paslon nomor urut dua (2) yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang berhasil unggul dari Paslon nomor urut lainnya.

Kendata demikian dari Hasil pooling Lembaga Survei yang justru berbasis di Luar Negeri yakni, Australia, justru sebaliknya. Lembaga survei yang menamakan diri mereka Roy Morgan Poll, justru keunggulan ada pada pasangan nomor 3 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Dari hasil perhitungan Lembaga Survei Roy Morgan Poll itu , Pasangan Nomor urut 3 Ganjar - Mahfud unggul dengan hasil elektabilitas mencapai 38 persen. 

BACA JUGA:Respon Anies Terhadap Candaan Gus Yahya soal Cak Imin Kalah di Pilpres 2024

Sementara itu belum ada satupun Lembaga Survei, yang hasil perhitungannya mengunggulkan pasangan Anies-Cak Imin alias elektablitas mereka paling tinggi, namun dari hasil survei Litbang Kompas, justru pasangan dengan nomor urut 1 yakni Anies Baswedan Muhaimin Iskandar menyalip kedua paslon lain.

Hasil survei Roy Morgan Poll menyebutkan, Ganjar Mahfud 38 persen, Prabowo-Gibran 30 persen dan Anies-Cak Imin 25 persen, Elektabilitas Ganjar-Mahfud sejak Maret naik 10 persen , sedangkan Prabowo -Gibran naik 13 persen. 

Survei Roy Morgan Poll dilakukan dari Juli-September 2023 dengan 2.630 responden yang sudah berusia 17 tahun alias telah memiliki hak suara.

Kemudian Lembaga survei Poltracking Indonesia catatannya, elektabalitas Prabowo-Gibran 45,2 persen, Ganjar-Mahfud 27,3 persen dan Anies-Cak Imin hanya 23,1 persen. 

Elektabilitas Prabowo -Gibram naik 5 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud tururn 2,8 persen dari November 2023. Sedangkan Elektabilitas Anies-Cak Imin turun tipis dari 24,4 persen pada waktu yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: