PT IMIP Ungkap Penyebab Ledakan Tungku Smelter ITSS hingga Menewaskan 13 Orang

PT IMIP Ungkap Penyebab Ledakan Tungku Smelter ITSS hingga Menewaskan 13 Orang

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ledakan yang terjadi di tungku pabrik smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah telah mengakibatkan 13 orang tewas.

PT IMIP merupakan pengelola kawasan industri berbasis nikel terintegrasi di Morowali, yang masuk ke dalam daftar Proyek Strategi Nasional (PSN).

Kawasan industri IMIP merupakan hasil kerja sama antara BintangDelapan Group dari Indonesia dengan Tsingshan Steel Group dari China.

Pabrik pengolahan nikel yang berlokasi di Kawasan Industri IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah itu terbakar hingga menyebabkan puluhan korban. 

BACA JUGA:

"Hasil investigas awal, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan," tulis manajemen PT IMIP melalui keterangan tertulis.  

Awal mula kecelakaan tersebut terjadi ketika sejumlah pekerja melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku. Saat proses perbaikan dilakukan, terjadi ledakan tak terhindarkan. 

Sementara itu, sebanyak 46 orang lainnya terluka akibat ledakan tungku milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

Manajemen PT IMIP telah menanggung seluruh biaya perawatan dan perawatan korban pascakecelakaan, serta santunan bagi keluarga korban.

"Kami juga telah menyerahkan 1 jenazah korban kepada keluarga korban," kata Dedy.

Ia menambahkan, tungku smelter Nomor 41 yang terbakar, awalnya masih ditutup untuk operasi pemeliharaan. Saat tungku tersebut sedang tidak beroperasi dan dalam proses perbaikan, terdapat sisa slag atau terak dalam tungku yang keluar, lalu bersentuhan dengan barang-barang yang mudah terbakar di lokasi.

Dinding tungku tersebut pun runtuh dan sisa terak besi mengalir keluar sehingga menyebabkan  kebakaran. Akibatnya, pekerja yang berada di lokasi mengalami luka-luka hingga korban jiwa. 

BACA JUGA:

"PT IMIP terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menginvestigasi kejadian ini, termasuk penanganan korban. PT IMIP akan menanggung seluruh biaya perawatan bagi korban dan memenuhi hak dan kewajiban para korban," tutur manajemen PT IMIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: