7 Manfaat Kesehatan dari Daun Kemangi Jika Dikonsumsi Secara Rutin

7 Manfaat Kesehatan dari Daun Kemangi Jika Dikonsumsi Secara Rutin

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memiliki nama latin Ocimum basilicum, kemangi masuk dalam keluarga tanaman mint dengan aroma yang khas.

Meski populer sebagai tambahan pada hidangan Mediterania, masyarakat juga percaya bahwa kemangi juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh

Daun Kemangi ternyata menyimpan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Selain memberikan sentuhan segar pada hidangan, Daun Kemangi memiliki sifat antiseptik, antioksidan tinggi, dan kaya nutrisi.

Dengan sifatnya yang serbaguna, daun kemangi dapat menjadi tambahan yang berharga untuk promosi kesehatan dan kesejahteraan.

BACA JUGA:

Dalam 2 sendok makan daun kemangi segar yang telah dipotong-potong, mengandung sekitar 27 persen vitamin K dari total rekomendasi konsumsi harian. 

Tanaman ini juga mengandung vitamin A, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, ada pula vitamin B, zat besi, dan berbagai jenis mineral lain hingga senyawa antioksidan.

Maka tak heran jika daun kemangi ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun kemangi untuk tubuh, yaitu:

1.Melawan Radikal Bebas

Manfaat daun kemangi lainnya adalah berperan sebagai antioksidan alami. Secara aktif, antioksidan membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan kerusakan pada sel. Terdapat dua kandungan antioksidan flavonoid dari tanaman ini yang baik untuk memerangi radikal bebas, yaitu orientin dan viceninare. Dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga kamu akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. 

 

2. Mengatasi Stres 

Penelitian menemukan bahwa kandungan adaptogen atau gen anti-stres dalam daun kemangi bermanfaat untuk melindungi dan mencegah stres. Anda bisa merebus 12 daun kemangi dengan tambahan madu untuk meringankan stres yang Anda alami.

 

3. Meningkatkan Sistem Imun

Rutin mengonsumsi kemangi setiap hari dapat meningkatkan sistem imun. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam kemangi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan kemangi segar alih-alih yang kering.

BACA JUGA:

4. Menyegarkan Napas dan Sistem Pernapasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: