Libur Nataru, Masyarakat Diimbau Kembali Pakai Masker dan Siapkan Hand Sanitizer

Libur Nataru, Masyarakat Diimbau Kembali Pakai Masker dan Siapkan Hand Sanitizer

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID- Masyarakat diimbau tetap memakai maskerdan mencuci tangan saat berlibur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Hal ini disampaikan, Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama. 

"Masyarakat yang ingin berlibur terutama kelompok rentan pentingnya memakai masker dan selalu siapkan hand sanitizer".

BACA JUGA:Terbagi 6 Segmen, Debat Cawapres Perdana Digelar di JCC Senayan 22 Desember

"Hal ini dilakukan untuk mencegah dari penyakit menular pernapasan, pencernaan hingga polusi udara,” kata Ngabila Salama dalam keterangan tertulis, Selasa 19 Desember 2023. 

Yang dimaksud kelompok rentan, kata Ngabila, masyarakat yang berusia di atas 50 tahun dan yang belum melengkapi vaksinasi Covid-19

Terutama yang memiliki komorbid hipertensi, diabetes, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kronis, kanker, TBC, HIV, dan gangguan imunitas lainnya.

“Liburan akan semakin aman jika sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Apalagi, pada fase endemi ini kesehatan sudah menjadi tanggung jawab masing-masing,” ucap Ngabila. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Kota Besar Selasa 19 Desember

Sebelumnya, kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta dalam sepekan tercatat 200 kasus per hari. 

Hampir 90 persen kasus positif COVID-19 di Jakarta adalah orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan. Isolasi mandiri 3 hingga 5 hari di rumah akan sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: