Drone Kamikaze Buatan Iran Tembus Iron Dome, Brigade Lapis Baju Israel Hancur dan Satu Tentara Tewas!

Drone Kamikaze Buatan Iran Tembus Iron Dome, Brigade Lapis Baju Israel Hancur dan Satu Tentara Tewas!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kelompok muslim Syiah Lebanon, Hizbullah, meluncurkan dua drone kamikaze buatan Iran ke wilayah Israel utara pada Sabtu, 17 Desember 2023, waktu setempat.

Salah satu dari kedua drone berhasil dihancurkan oleh sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome, sementara satunya lagi berhasil lolos dan menyerang posisi Batalyon 129 Brigade Lapis Baja ke-8 dari Petach Tikva, menewaskan seorang tentara.

Pada Sabtu pagi, alarm berbunyi di utara Israel, menandakan adanya pesawat musuh yang menyusup ke wilayah udara negara Yahudi tersebut. 

Media Ibrani melaporkan bahwa satu drone jatuh, sementara yang lainnya "sukses mendarat" dan menyebabkan kebakaran.

BACA JUGA:Prihatin! Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza Jadi Barak Militer Israel dan Pemukiman Yahudi

Dewan Regional Galilea Atas kemudian mengkonfirmasi adanya drone yang teridentifikasi di wilayah Lembah Hula Israel. 

Seorang tentara cadangan dilaporkan meninggal dunia, sementara dua lainnya mengalami luka-luka, satu di antaranya cukup serius, akibat dampak dari pesawat tak berawak yang membawa bahan peledak tersebut, yang diluncurkan dari Lebanon dekat komunitas utara Margaliot.

Prajurit yang meninggal diidentifikasi sebagai Warrant Officer (res.) Yechezkel Azaria, 53, yang terafiliasi dengan Batalyon 129 Brigade Lapis Baja ke-8 dari Petach Tikva. 

BACA JUGA:Jadi Hakim ZAHF, Megawati Soekarnoputri Akan Bertemu Paus Fransiskus Senin Besok

Prajurit yang terluka adalah anggota Batalyon Pengintaian 6609 Brigade Alexandroni.

Hizbullah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, yang memicu respons dari pasukan Israel dalam bentuk tembakan artileri yang diarahkan ke sasaran di Lebanon selatan. 

Kejadian ini terjadi dalam konteks ketegangan yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok muslim Syiah di sepanjang perbatasan utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: