Mengatasi Batuk dengan Obat Batuk Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

Mengatasi Batuk dengan Obat Batuk Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

JAKARTA, RADARPENA.CO,ID - Batuk adalah salah satu penyakit yang paling sering di derita oleh setiap orang, batuk muncul dengan dua versi, batuk kering ataupun batuk berdahak. Biasanya batuk menjadi penyakit awal penanda penyakit yang lain akan datang, seperti demam, flu, dan sejenisnya.

Batuk seringkali menjadi gangguan yang mengganggu keseharian kita. Ada beberapa orang yang membiarkan batuk itu sampai hilang sendiri, ada juga yang langsung meminum obat batuk saat gejala awal penyakit batuk ini timbul.

Meskipun terdapat banyak obat batuk di pasaran, namun terlalu banyak mengonsumsi obat obatan yang mengandung bahan kimian dalam jangka waktu panjang dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit yang sama.

Selain itu, obat yang lebih sering diminum akan memberikan efek yang lebih minim karena virus virus yang ada sudah kebal dengan kandungan obat tersebut, sehingga dibutuhkan obat lain dengan dosis yang lebih tinggi.

Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan obat batuk alami yang dapat dibuat di rumah. Bahan-bahan alami ini tidak hanya efektif meredakan batuk, tetapi juga tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan kimia.

Selain itu, terdapat manfaat lain yang dapat dirasakan tubuh apabila mengganti obat obatan kimia dengan obat yang berasal dari bahan alami.

Berikut ini beberapa obat batuk alami yang dapat anda coba buat di rumah.

BACA JUGA:

1. Madu dan Lemon

Madu dan lemon merupakan kombinasi yang luar biasa untuk meredakan batuk. Madu memiliki sifat antimikroba dan melembapkan, sementara lemon kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan madu dengan jus lemon segar, dan konsumsi campuran ini beberapa kali sehari untuk meredakan batuk.

2. Jahe dan Madu

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan batuk. Anda dapat membuat teh jahe dengan menambahkan potongan jahe ke dalam air panas dan mencampurnya dengan madu. Minumlah teh ini secara teratur untuk mengurangi gejala batuk. Selain dapat membuat tenggorokan lebih nyaman, tubuh anda juga akan merasa lebih hangat karena sifat jahe yang menghangatkan.

3. Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan melembapkan yang dapat membantu meredakan batuk dan tenggorokan yang iritasi. Campurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan madu, dan konsumsi campuran ini sebelum tidur untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak tanpa terganggu batuk.

4. Teh Peppermint

Peppermint memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu meredakan batuk. Seduh teh peppermint dan tambahkan madu jika diinginkan. Minumlah teh dengan campuran daun pepermint atau serbuk pepermint secara teratur untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan.

5. Bawang Putih dan Madu

Bawang putih dikenal memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Campurkan bawang putih yang dihancurkan dengan madu, dan konsumsi campuran ini untuk meredakan batuk. Meskipun bawang putih memiliki aroma yang kuat, namun manfaatnya bagi kesehatan sangat signifikan.

6. Teh Kayu Manis

Teh kayu manis dapat membantu meredakan batuk dan mengurangi dahak. Seduh teh kayu manis dan minumlah secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: