Kuota Terbatas, Pelni Adakan Mudik Gratis Libur Nataru, Simak Rute dan Persyaratannya Disini

Kuota Terbatas, Pelni Adakan Mudik Gratis Libur Nataru, Simak Rute dan Persyaratannya Disini

Batam-Belawan, Belawan-Batam, Baubau-Makassar, Makassar-Baubau, Makassar-Sorong, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Surabaya-Biak, Balikpapan-Pare-pare, Sorong-Ambon, Bali-Sorong, Parepare-Tarakan dan Parepare Balikpapan. 

Namun, Dessy menjelaskan, saat ini pihaknya belum dapat memastikan apakah ada penambahan ruas atau kemantapan ruas dalam program mudik gratis tersebut. Dalam waktu dekat, Perseroan dan Kemenhub akan melakukan rapat lanjutan untuk kejelasan itu.

BACA JUGA:Catat! Ini Aturan Perjalanan dari Pemerintah yang Harus Dipatuhi Selama Liburan Nataru 2024

BACA JUGA:Libur Nataru, PT KAI Tambah 11 Kereta Api Jarak Jauh

Adapun perlaksanaan mudik gratis tersebut disesuaikan dengan jadwal perjalanan kapal di setiap rute yang telah ditentukan di periode peak season Nataru 2023/2024.

Untuk peak season Nataru 2023/2024, Pelni akan mengoperasikan 68 kapal dengan kapasitas total sebanyak 66.810 kursi.

Pelni juga memproyeksikan akan terjadi lonjakan penumpang harian pada Nataru 2023/2024 yang terjadi pada H-3 atau pada 22 Desember 2023, yakni sebanyak 31.176 orang. Sedangkan pada puncak pasca-Nataru yang terjadi pada H+10 atau 4 Januari 2024 sebanyak 26.465 orang.

Sebelumnya, Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antoni Arif Priadi juga mengatakan bahwa pengadaan fasilitas mudik gratis periode Nataru dipastikan hanya untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pihaknya masih menyiapkan teknisnya dan siap diumumkan dalam waktu dekat. "Jangan-jangan orang yang mampu, malah dikasih gratis, yang tidak mampu malah tidak dikasih gratis," katanya.

Meski demikian, keputusan tersebut memang belum diumumkan oleh pihak Kemenhub, karena baru diputuskan pada Kamis sore, 7 Desember 2023 kemarin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: