Kenal Lebih Dekat dengan Vanuatu, Negara Paling Benci Indonesia, Rupanya Ini Alasannya

Kenal Lebih Dekat dengan Vanuatu, Negara Paling Benci Indonesia, Rupanya Ini Alasannya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Vanuatu merupakan negara kepulauan kecil yang sudah lama di kenal sangat membenci Indonesia. 

Vanuatu merupakan salah satu negara yang kerap menyinggung soal Indonesia dalam Sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Negara kecil yang berada di sebelah timur Australia itu protes dalam Sidang Umum PBB soal Papua.

Hal ini bermula dari video diplomat muda Indonesia yang viral Silvany Austin Pasaribu. Ia dengan gamblang memberikan jawaban tegas terhadap wakil Vanuatu Bob Loughman dalam Sidang Umum PBB pada Sabtu 26 September 2020 silam.

Vanuatu sudah sejak lama menunjukkan kebenciannya kepada Indonesia di forum-forum PBB terkait Papua merdeka. Negara kepulauan kecil miskin selalu mencari cara untuk menjatuhkan Indonesia di forum PBB.

BACA JUGA:

Di kutip dari akun Narasi Newsroom pada kanal YouTubenya menyatakan, Vanuatu sangat membenci Indonesia karena perasaan senasib sebagai ras Melanesia pada Papua Barat yang tertindas.

Diduga, Vanuatu sangat membenci Indonesia karena punya trauma rasisme dan perbudakan. Vanuatu dulunya masuk daerah jajahan bernama New Herbrides yang sejak 1906 mengalami penindasan di bawah pemerintahan Inggris dan Prancis. Tercatat, pada akhir 1800an, 62 ribu warga kepulauan Pasifik diculik untuk bekerja paksa di Queensland, Australia.

Setelah merdeka pada tahun 1980, Vanuatu pun lantang menyuarakan pembebasan negara-negara Melanesia dari penjajahan, termasuk Papua Barat.

Itulah yang melatarbelakangi kenapa mereka membenci negara kita. Meski tidak semua negara di kawasan pasifik setuju dengan provokasi Vanuatu, ada beberapa negara yang terpengaruh dengan bujuk rayu pemikiran negara kecil ini.

 

Buat kamu yang penasaran dengan negara Vanuatu,di artikel RadarPena kali ini akan kita informasikan segala hal tentang Vanuatu, dikutip dari berbagai sumber :

1.  Negara Kepulauan dengan Hutan Hujan Tropis

Republik Vanuatu terdiri atas 13 pulau dan 60 pulau kecil yang gugusannya membentuk huruf ‘Y’. Ibu kota negara Vanuatu Port-Vila berada di Pulau Efate, pulau utama di negara Pasifik itu.

Pulau-pulau di Vanuatu seluas 12.190 km persegi tersebut dihuni oleh sekitar 289.100 orang, seperti dilansir dari Encyclopaedia Britannica. 

Vanuatu memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan pada November-April serta musim yang lebih dingin dan kering pada Mei-Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: