Survei Political Statistical (Polstat) Elektabilitas Prabowo-Gibran Rakabuming Raka Unggul di 43,5 Persen

Survei Political Statistical (Polstat) Elektabilitas Prabowo-Gibran Rakabuming Raka Unggul di 43,5 Persen

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Jelang pemilihan presiden dan wakil presiden RI yang akan dihelat pada 14 Februari 2024 nanti lembaga-lembaga survei berlomba mengeluarkan hasil penelitian mereka.

Penelitian ini, bukan penelitian yang asal-asalan , melainkan memakai metode yang ilmiah. Biasanya para lembaga survei akan merilis hasil survei tersebut lengkap dengan bahan-bahan penelitian serta cara-cara mereka mengolah data. Dengan hal seperti itu, para lembaga survei ingin memperlihatkan tingkat kepercayaan pemilih atau elektabilitas dari setiap kandidat yang maju bertarung.

Terbaru sebuah Lembaga Survei menamakan diri Mereka Political Statistical (Polstat) telah merilis hasil kemungkinan elektabilitas  suara dari masing-masing Kandidat. 

Lembaga Survei ini menggunakan 1200 responden dan survei dilaksanakan pada 27 November sampai dengan 5 Desember 2023 alias menggelar survei selama 10 hari. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih.

Survei tersebut menggunakan populasi survei nyata alias mereka yang sudah memiliki hak pilih atau berusia 17 tahun ke atas. Guna mempertahankan keilmiahan hasil survei, dilengkapi pula dengan analisis media monitoring untuk  mengukur sentimen publik dengan Capres dan politik.

Pemilihan sampel melalui multistage random sampling, dengan margin of error survei lebih kurang 12,8 persen dengan tingkat kepercayaan publik 95 persen

BACA JUGA:Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024 Terbaru, Prabowo Unggul

BACA JUGA:Hasil Lembaga Survey Pilpres 2024 Terkini, Elektabilitas Prabowo-Gibran Berada di Posisi Angin

Melalui peneliti Senior Polstat Apna Permana memaparkan realisasi penelitian mereka, yakni perolehan suara elektabilitas dari ketiga Kandidat dengan Prabowo-Gibran berada unggul di angka 43,5 persen, sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MP berada di 27,2 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berada diangka 25,8 persen. 

''Jika pemilihan presiden dilakukan saat ini , maka mengindikasikan bagian besar pemilih memilih atau 43,5 persen responden menegaskan pilihannya kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, ''jelasnya dalam pemaparannya 

Kemudian selanjutnya 27, 2 persen responden memilih Ganjar Pranomwo-Mahfud MD dan 25,8 persen responden memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Dari hasil survei itu juga responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 3,5persen

Berikut hasil survei Polstat terhadap elektabilitas ke-3 Kandidat Presinden

1. Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka 43,5 Persen

2. Ganjar Pranowo - Mahfud MD 27,2 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: