Google Luncurkan Model AI Gemini, Siap Bersaing dengan Chat GPT

Google Luncurkan Model AI Gemini, Siap Bersaing dengan Chat GPT

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak mau kalah saing dengan Chat GPT,Google meluncurkan Gemini. Model AI terbaru besutan Google ini di klaim _"terbesar dan tercanggih"_dalam perkembangannya. Kecerdasan buatan terbaru dari Google ini di klaim lebih canggih dari Chat GPT. Terkini Gemini sudah tersedia di Bard.

Dikutip dari keterangan resmi Google, CEO Sundar Pichai menyebut “Sekarang, kami mengambil langkah berikutnya dalam perjalanan kami dengan Gemini, model kami yang paling mumpuni dan umum, dengan kinerja tercanggih di banyak tolok ukur terkemuka,”

Gemini sudah dilengkapi dengan kemampuan teks, kode, audio, gambar serta video dan diklaim bakal mengungguli GPT-04 dari OpenAI yang didukung oleh Microsoft. Keberadaan Gemini dapat membantu mendukung posisi perusahaan dalam persaingan AI antar perusahaan raksasa ini. 

Gemini 1.0 versi pertama digadang-gadang sebagai “model AI terbesar dan paling mumpuni” dari Google. Gemini hadir dalam tiga ukuran berbeda yaitu Gemini Ultra, Gemini Pro, dan Gemini Nano yang dioptimalkan untuk berbagai kompleksitas tugas dan perangkat.  Gemini memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan GPT-4 dari OpenAI. 

BACA JUGA:

Lantas, apa itu Gemini dan apa saja keunggulannya? Berikut informasi lengkapnya.

Mengenal Gemini

Dilansir dari The Verge,  Gemini adalah model AI (Arrtificial Intelligence) yang multifungsi. Gemini mampu mengolah informasi dari berbagai sumber secara bersamaan, mulai dari teks, gambar, audio, video, dan kode.

Google mengklaim jika Gemini AI mampu ungguli ChatGPT-4 dan model AI lainnya. Gemini terdiri dari 3 (tiga) varian, yakni ultra, pro, dan nano.

Varian Ultra dianggap sebagai "model terbesar dan paling mumpuni untuk tugas-tugas yang sangat kompleks". Sementara, Pro disebut sebagai "model terbaik untuk penskalaan di berbagai tugas." Lalu, Nano diakui sebagai "model paling efisien untuk tugas-tugas pada perangkat."

Keunggulan Gemini

Keunggulan Gemini terletak pada kemampuannya mengurai nuansa dengan lebih baik, terutama dalam menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik kompleks.

Dilengkapi dengan kemampuan untuk menjelaskan penalaran dalam mata pelajaran seperti matematika dan fisika. Gemini Ultra memiliki kemampuan luar biasa dalam memahami, menjelaskan, dan menghasilkan kode berkualitas tinggi dalam bahasa pemrograman seperti Python, Java, C++, dan Go.

Tak hanya itu, model ini juga mampu beroperasi lintas bahasa dan mempertimbangkan informasi yang kompleks dengan baik.

Menariknya, Gemini telah menunjukkan keunggulan dalam beberapa metrik pengkodean, termasuk penilaian dari HumanEval dan Natural2Code - dua set data internal Google yang menggunakan sumber buatan penulis daripada informasi berbasis web.

Gemini Pro bahkan mengungguli GPT-3.5 dalam enam dari delapan benchmark yang dijalankannya. Evaluasi yang dilakukan oleh pihak ketiga juga menegaskan bahwa Bard, yang ditenagai oleh Gemini Pro, telah menjadi chatbot gratis yang paling disukai dibandingkan dengan alternatif terkemuka.

Kapan Gemini AI Rilis?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: