Andalkan Teknologi AI, Youtube Kenalkan Fitur Dream Track, Bisa Bikin Musik dari Sebuah Teks

Andalkan Teknologi AI, Youtube Kenalkan Fitur Dream Track, Bisa Bikin Musik dari Sebuah Teks

Youtube perkenalkan fitur baru Dream Track yang memudahkan pengguna membuat musik hanya dengan melalui teks--Youtube Official Blog

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Youtube kenalkan fitur Dream Track, yang memanfaatkan teknologi AI generative untuk menciptakan music atau lagu hanya dari sebuah teks.

Sayangnya tidak semua pengguna bisa menikmati, Google menyatakan bahwa hanya pengguna terpilih yang dapat membuat soundtrack untuk konten shorts yang dihasilkan dengan memanfaatkan fitur terbaru Dream Track.

Pengguna bisa memasukkan teks berbahasa Inggris ke dalam prompt yang tersedia dan fitur itu menghasilkan musik atau soundtrack berdurasi maksimal 30 detik yang bisa digunakan untuk Shorts.

BACA JUGA:Profil Jiah, Youtuber Korea Selatan yang Digoda Pejabat Kemenhub

BACA JUGA:Klarifikasi Asri Damuna Pria Berkepala Plontos yang Ajak Youtuber Korea ke Hotel

Diketahui Dream Track menggunakan model AI Lyria milik Google untuk menghasilkan musik berkualitas.

Fitur ini tidak hanya bermanfaat bisa menghasilkan music akan tetapi lagu yang telah dilengkapi dengan suara artis.

Dalam pengembangan fitur terbaru Dream Track, ada 9 penyayi besar yang ikut terlibat seperti: Alec Benjamin, Charlie Puth, Charli XCX, Demi Lovato, John Legend, Papoose, Sia, T-Pain, dan Troye Sivan.

Sebenarnya pengembangan fitur Dream Track sudah sejak November 2023, namun hingga saat ini fitur terbaru dari Youtube ini masih dalam tahapan pengembangan. Dan hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang terpilih.

Hingga saat ini, Youtube belum memberikan kabar kapan fitur Dream Track ini akan diluncurkan.

YouTube juga akan meluncurkan sebuah alat Gen AI yang berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk membantu kreator konten menemukan ide-ide yang brilian.

Fitur AI ini mampu memberikan inspirasi konten yang menarik berdasarkan preferensi audiens masing-masing kreator. 

"Untuk memudahkan pembuat konten memutuskan apa yang ingin mereka impikan dan bagikan selanjutnya, kami bereksperimen dengan alat yang menggunakan AI untuk memunculkan inspirasi konten," tulis Google dalam lamannya yang dikutip Android Authority.

Gen AI menawarkan tiga jenis insight dan saran yang disajikan, termasuk topik yang diminati penonton, konten kreatif baru, dan outline untuk struktur ide. YouTube berharap Gen AI mampu memfasilitasi proses kreatif para kreator. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: