KPU Buka Peluang Bagi Youtuber dan Konten Kreator untuk Menjadi Moderator Debat Capres Cawapres di Pilpres 2024

KPU Buka Peluang Bagi Youtuber dan Konten Kreator untuk Menjadi Moderator Debat Capres Cawapres di Pilpres 2024

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan konten kreator atau YouTuber bisa berpeluang menjadi moderator, dan yang berpotensi menjadi moderator debat capres cawapres di Pilpres 2024 mendatang adalah orang yang familiar tampil di depan kamera.

“Ya ada kemungkinan, tapi intinya kan karena ini yang akan menyiarkan televisi, kira-kira friendly dan familiar lah dengan kamera televisi," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Namun begitu, ia menekankan moderator tersebut harus menguasai isu yang dibahas dalam debat. KPU sudah mengantongi sejumlah nama.

Meski belum dibeberkan, Hasyim menegaskan bakal ada dua moderator yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. 

BACA JUGA:

"Tentu saja itu [menguasai isu] jadi bahan pertimbangan. Dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam, itu kan tidak mengurangi masing masing porsi tadi, capres maupun cawapres ketika menjawab," jelas dia.

Namun demikian, Hasyim menuturkan kriteria penting lainnya yang akan dipilih sebagai moderator, yaitu harus menguasai isu yang terjadi.

"Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan," ujarnya.

Namun Hasyim belum mengungkapkan secara rinci siapa yang akan menjadi moderator pada debat capres dan cawapres nanti, karena masih harus banyak berdiskusi bersama dengan timses masing-masing paslon capres cawapres 2024.

Hasyim menjelaskan saat ini nama-nama moderator masih dibahas KPU bersama masing-masing tim sukses capres-cawapres. Nantinya, KPU akan menerima usulan dari setiap tim sukses hingga Jumat 8 Desember 2023. 

"Kita membuka ruang masing-masing tim pasangan calon untuk mengusulkan nama," kata dia. 

BACA JUGA:

Hasyim menjelaskan nantinya moderator akan memandu debat selama 120 menit. Akan ada dua moderator dalam satu agenda debat, perwakilan laki-laki dan perempuan.

Debat capres-cawapres akan disiarkan secara langsung selama 120 menit dan ditambah jeda iklan selama 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: