Diburu Kolektor, Berikut Deretan Uang Kuno Super Langka dengan Tawaran Harga Tinggi

Diburu Kolektor, Berikut Deretan Uang Kuno Super Langka dengan Tawaran Harga Tinggi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berburu uang kuno merupakan salah satu kegiatan yang cukup menarik bagi beberapa kalangan. Bagi mereka pecinta barang antik, tentunya mendapatkan barang yang diinginkan akan sangat bahagia.

Bahkan bukan hanya sebuah barang, uang kuno kini sudah menjadi barang antik yang mulai diincar para kolektor. 

Meskipun susah ditemukan dan harganya selangit, peminat uang kuno ini, terutama uang kertas memiliki peminat yang sangat banyak. 

Berikut ini adalah deretan uang kertas kuno di Indonesia dan dunia dengan harga fantastis.

BACA JUGA:Yasirli Amiri, Sosok Pendaki Viral yang Ditemukan Meninggal Dunia Dekat Tugu Abel Tasman

BACA JUGA:Viral! Muncul Hewan Tanda Kiamat Di Israel, Cek Faktanya Disini

Deretan Uang Kuno yang Diburu oleh Kolektor

1. Uang Kertas Rp 500 Tahun 1992

Uang kertas Rp 500 tahun 1992 merupakan salah satu uang kertas yang dicari oleh banyak orang. Uang kertas ini berwarna latar hijau dengan gambar orang utan pada salah satu sisi mukanya. Uang ini diketahui sudah dicabut dan ditarik dari peredaran.

2. Uang Kertas Rp 100 Tahun 1948

Uang kertas Rp 100 keluaran tahun 1948 merupakan salah satu uang kuno yang diincar para kolektor. Uang kertas ini bergambar Soekarno. Uang ini masih jadi incaran para kolektor uang kuno. Untuk mendapatkan uang ini, Anda harus menyediakan uang kisaran Rp10 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harga tertinggi di situs jual beli online untuk uang ini adalah Rp300 ribu per lembarnya.

3.  Uang Kertas 1.000 Gulden

Pecahan ini merupakan alat pembayaran sah di masa kolonial Belanda. Memiliki gambar wayang, uang yang dikeluarkan langsung oleh De Javasche Bank pada sekitar tahun 1933 hingga 1939 dan jadi alat Tukar resmi Hindia Belanda.

Pecahan ini jarang ditemukan di Indonesia saat ini. Itulah yang menyebabkan uang ini diburu kolektor. Sejumlah sumber mengatakan uang ini bisa didapat dengan harga Rp100 juta per lembarnya.

4. Uang kertas 1000 Miliar Dolar

Pecahan asal Amerika Serikat ini dirilis kisaran tahun 1890. Lantaran dinilai sebagai uang yang cukup tua dan kuno, pecahan ini pernah dilelang dengan harga mencapai US$3,29 juta.

5. Uang Kertas 100 Pound Selandia Baru

Pada 1840, Selandia baru menggunakan pound sebagai mata uang resmi sebelum berganti menjadi dolar pada 1967. Inilah yang menjadi penyebab uang kertas 100 pound dari selandia baru diincar sejumlah kolektor.

Berdasarkan informasi, salah satu uang kertas kuno Selandia Baru yang menjadi incaran para kolektor adalah 100 pound keluaran tahun 1929. Uang yang diproduksi oleh Bank of New Zealand itu pernah dilelang dengan harga 11.500 Dolar AS.

6. Uang Kertas Dinasti Ming

Uang kertas yang disinyalir sebagai uang kertas pertama di dunia ini dicari banyak kolektor dunia.  Melansir laman Bank Note World, uang kertas Dinasti Ming ini diperkirakan dicetak pada abad ke-3 di masa Dinasti Ming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: